Hima Wirdhan Gelar Kuliah Pakar

Surabaya – Himpunan Mahasiswa (Hima) Wirdhan Prodi D3 Kebidanan Fakultas Keperawatan dan Kebidanan (FKK) mengadakan kuliah pakar dengan tema Pembuatan Media Edukasi Kesehatan yang digelar secara daring melalui aplikasi Zoom dan Youtube. Kuliah pakar ini menghadirkan narasumber Despita Anggraini merupakan Motion Desainer di Crimson Agency Jakarta, Indonesia.

Perkembangan teknologi dan informasi di era digital sekarang ini, sehingga betapa pentingnya ketika memberikan edukasi kesehatan dilingkungan masyarakat harus dengan menggunakan media yang menarik.

Wakil Dekan Fakultas Keperawatan dan Kebidanan (FKK), Nurul Kamariyah, S.Kep.Ns., M.Kes. mengungkapkan promosi kesehatan itu merupakan suatu sarana atau upaya untuk menampilkan pesan yang ingin disampaikan komunikator. Sehingga bisa menambahkan pengetahuan sikap dan perilaku kearah yang positif dangan menggunakan media.

“Media yang dapat digunakan dalam penyampaian edukasi kesehatan bisa melalui media cetak, media elektronik, media ini sebenarnya sudah banyak digunakan, namun perlu inovasi yang di implementasikan. Sekarang ini penyampaian edukasi dalam bentuk animasi sangat bayak disukai semua kalangan baik anak-anak maupun orang dewasa,” ungkapnya.

Acara ini diikuti sekitar 110 orang peserta dengan menggunakan media zoom meeting dan live Youtube Hima Wirdhan. Dalam materi narasumber, Despita Anggraini memperkenalkan cara membuat media edukasi kesehatan dalam bentuk gambar animasi 2D yang dapat bergerak dengan menggunakan aplikasi software Adobe Ilustrator dan Adobe After Effect sebagai media untuk mengedit video animasi.

“Dalam mengedit atau membuat animasi dua dimensi membutuhkan kesabaran dan ketelitian agar bisa mendapat kan hasil yang bagus dan menarik. Hal yang perlu disiapkan untuk menjadi seorang desain grafis dua dimensi yaitu sering melihat tutorial di youtube,” ucap Despita.

Despita menambahkan untuk bisa mahir dalam membuat media dua dimensi itu sering melatih tangan untuk menggambar di laptop atau komputer, dan melatih kesabaran dan ketelitian saat mengedit. “Dari kegiatan kuliah pakar ini para peserta bisa membuat edukasi kesehatan dalam bentuk animasi dua dimensi melalui aplikasi software tersebut, sehingga nantinya dapat menghasilkan generasi milenial cakap digital,” terangnya. (humas)