Ajarkan Anak Cinta Lingkungan

Muslikha Nourma Rhomadhoni, S.KM., M.Kes.

Surabaya – Mengajarkan kedua anaknya untuk mencintai lingkungan, Muslikha Nourma Rhomadhoni, S.KM., M.Kes. memanfaatkan waktu libur untuk menanam bunga di halaman rumahnya.

Nourma menjelaskan, langkah ini dilakukan sebelum dan disaat pandemi virus corona. Kedua anaknya senang saat diajak untuk menanam tanaman.

“Mereka suka karena memang suka main tanah, jadi saya tidak masalah jika baju anak kotor karena itu bisa mengedukasi mereka tentang tanaman,” ungkap Nourma, Senin (26/7).

Nourma menjelaskan, menanam bunga dan tanaman, mengajarkan anak untuk menjaga keseimbangan alam.
Nourma mengajarkan kepada buah hatinya jika makhluk hidup ciptaan Allah tidak hanya manusia, namun juga ada tumbuhan dan hewan. “Saya berharap dengan cara ini akan tumbuh cinta pada makhluk hidup serta mencintai lingkungan,” bebernya.

Melalui menanam tanaman, katanya, anak-anak harus mempersiapkan peralatan, sehingga akan mengajari mereka untuk selalu mempersiapkan sebelum memulai pekerjaan. “Ini juga mendidik anak untuk bertanggung jawab dengan perkerjaan yang dilakukan,” ucap Nourma.

Diungkapkannya, kenapa ia mengajarkan cinta lingkungan kepada anak-anak, ini lantaran sang suami merupakan lulusan teknik lingkungan. “Sedang saya juga lulusan kesehatan masyarakat, jadi tanggungjawabnya lebih besar lagi. Alhamdulillah anak-anak suka,” bebernya.

Dengan langkah ini, Nourma berharap kedua anaknya bisa lebih menjaga lingkungan serta cinta dengan sesama ciptaan Allah. “Sehingga mereka bisa sayang dan mencintai lingkungannya,” bebernya. (sar humas)