Edukasi Warga Manyar Sambongan Bikin Maspit

Surabaya – Tiga Dosen Unusa, Lono Wijayanti, S.Kep.Ns., M.Kep, Yurike Septianingrum, S. Kep. M.Kep dan Sulistyorini, S.Kep, Ns.,M. Tr.Kep melakukan pengabdian masyarakat (Pengmas) dengan mengedukasi pembuatan Maspit (Makanan Sehat Peningkat Imunitas Tubuh) di masa Pandemi Covid-19.

Mereka melakukannya di kawasan Manyar Sambongan RW 03 Kelurahan Kertajaya, Kecamatan Gubeng Surabaya, dengan melibatkan warga maupun kader kesehatan lingkungan setempat.

Salah satu dosen Pengmas, Lono menjelaskan, Pengas yang dilakukannya merupakan salah satu upaya dalam mengedukasi masyarakat agar terhindar dari virus corona. “Dengan makanan sehat insya Allah akan terbentuk imunitas tubuh semakin baik,” katanya, Selasa (22/6).

Di tengah pandemi seperti saat ini, kata Lono melanjutkan, makanan sehat menjadi salah satu solusi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Ketiga dosen Unusa ini memberikan pelatihan kepada kader kesehatan yang ada di lingkungan tersebut untuk membuat Maspit. “Kami berikan langsung agar bisa masak sendiri di rumah sebagai upaya pencegahan virus corona,” terangnya.

Makanan sehat ini harus memenuhi kebutuhan gizi terlebih vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk sistem kekebalan tubuh. “Ini semua bisa diambil dari buah, dan sayur yang berperan sebagai antidioksidan dan membantu meningkatkan imunitas dalam tubuh,” ungkapnya.

Selain buah dan sayur, Lono menjelaskan tanaman herbal juga bisa sebagai alternatif suplemen dalam meningkatkan imunitas. “Rempah-rempah itu biasa kita gunakan seperti jahe, kunyit, kayu manis, sereh dan masih banyak lagi,” terangnya.

Sementara itu, salah satu kader kesehatan, Hartini menyambut baik dengan adanya pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen Unusa. “Bagaimana pun kami baru memahami makanan ini mengandung banyak gizi dan vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh,” jelasnya. (sar humas)