Empat Dari 10 Remaja Putri Rawan Anemia

Surabaya – Dosen Prodi S1 Gizi Fakultas Kesehatan (FKes) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA), Rizki Nurmalya Kardina, S.Gz., M.Kes menilai bahwa makanan bergizi seimbang, makanan yang mengandung zat besi, serta mengkonsumsi tablet Fe dapat mencegah remaja putri mengalami anemia.

“Banyaknya remaja putri yang mengalami anemia menjadi perhatian tersendiri saat Peringatan Hari Gizi Nasional dan merupakan peringatan bagi remaja untuk hidup sehat serta bebas anemia,” ungkap Rizki, Kamis (28/1).

Lebih lanjut Rizki menjelaskan bahwa dari 10 remaja putri, 3-4 diantaranya cenderung mengalami anemia. Hal itu disebabkan tidak tercukupinya gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan tablet Fe merupakan salah satu upaya positif utk pencegahan anemia.

Jika remaja putri mengalami anemia maka salah satu usaha mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi tablet penambah darah. Namun demikian usaha yang lebih alami adalah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung Fe seperti hati ayam dan bayam. Disamping itu juga disarankan makan makanan dengan proporsi gizi yg seimbang. Demikian penjelasan Rizki. (sar humas)