Mahasiswa KKN Unusa Ajarkan Warga Desa Buat Hand Sanitizer Berbahan Alami

Surabaya – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) membantu masyarakat Desa Banyuates, Sampang, Madura untuk membuat hand sanitizer alami dari daun sirih dan jeruk nipis.

Ketua Kelompok 12 KKN Unusa, Sudarmanto menjelaskan ini dilakukan untuk bekal adaptasi kebisaan baru dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Dengan membuat hand sanitizer dari bahan alami yanh dapat digunakan warga lainnya.

“Kami bersama-sama membuat hand sanitizer bersama warga semua, selain itu kami lakukan penyuluhan tentang bahaya covid-19 ke warga sekitar,” jelas Sudarmanto, Senin (7/9).

Sudarmanto menjelaskan memilih membuat hand sanitizer dengan bahan alami lantaran mudah ditemui. “Selain itu, bahan yang digunakan aman untuk kulit karena tidak mengandung bahan kimia,” bebernya.

Selain itu, Mahasiswa KKN Unusa juga mengajar mengaji di Madrasah Diniyah dan TPQ yang ada di Desa Banyuates, Sampang, Madura. “Selain itu, jika siswa ini kesulitan dalam belajar mahasiswa KKN tidak segan untuk mengajarkan ke siswa tersebut,” ucapnya.

Dari kegiatan ini, Sudarmanto menjelaskan jika warga desa sangat senang dengan adanya KKN dari Mahasiswa Unusa. “Kami akan terus melakukan langkah baik untuk masyarakat sekitar,” ucapnya. (sar humas)