Akan Dibagikan ke Masyarakat, FK Unusa Buat Hand Sanitizer Berbagai Aroma

Surabaya – Dampak yang terus meluas membuat Mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FK, dan tim bantuan medis FK yang dinaungi Fakultas Kedokteran Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) kembali membuat hand sanitizer. Kali ini hand sanitizer akan diberikan ke masyarakat serta satpam dan petugas kebersihan Unusa.

Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Unusa, Dr. dr. Handayani, M.Kes menjelaskan pembuatan hand sanitizer yang dilakukan mahasiswa FK dan BEM FK Unusa ini sudah kedua kalinya. Namun kali ini pembuatannya ditambahkan ekstrak (esens) buah dan tumbuhan untuk penambah aroma hand sanitizer tersebut.

“Kali ini kami gunakan esens buah dan tumbuhan seperti aloe vera dalam hand sanitizer. Nantinya jika sudah selesai akan kami akan bagikan ke petugas kebersihan dan satpam yang berada di Unusa terlebih dahulu,” ucap dr. Handayani, MKes, Sabtu (11/4).

Dalam pembuatan ini, mahasiswa FK Unusa menyiapkan beberapa botol hand sanitizer yang dimasukkan ke dalam botol kecil 60 mili liter (ml) dan 100 ml. Ini dilakukan untuk memudahkan petugas kebersihan dan satpam Unusa. “Bagaimana pun mereka tetap bekerja jadi bekal ini nantinya untuk mereka menjaga kebersihan tangan mereka,” ungkapnya.

Namun, dr. Handayani tidak menutup kemungkinan hand sanitizer ini akan dibagikan ke masyarakat yang memang membutuhkan. “Terlebih pekerja yang sampai saat ini masih harus bekerja di luar untuk menjaga kebersihan tangan mereka agar terhindar dari virus corona,” jelasnya.

Dalam pembuatan ini, mahasiswa FK dan BEM FK Unusa sekaligus membuat tutorial video pembuatan hand sanitizer. “Dari bahan yang kami gunakan ini sangat mudah didapatkan di pasaran terlebih di toko kimia, jadi harapannya agar masyarakat membuat sendiri di rumah untuk mengantisipasi mahalnya dan langkanya hand sanitizer,” beber dr Handayani. (sar/rud humas)