Dewan Racana Aktifkan Kembali Kegiatan Pramuka

 Surabaya – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) menggelar kegiatan pelantikan dan serah terima jabatan Dewan Racana (pengurus pramuka) 2019-2020. Kegiatan yang diikuti seluruh anggota  digelar Kampus B, Jemursari pada Sabtu (2/11).

“Kegiatan ini diharapkan bisa menggerakkan kembali aktivitas pramuka. Para pengurus baru bisa mendorong para anggota untuk meningkatkan berbagai kegiatan positif,” kata Ketua UKM Pramuka Ulvi Nur Laily.

Diakuinya tahun lalu kegiatan pramuka sempat terhenti. Namun sejak pertengahan Oktober tahun ini pelatihan pramuka kembali digiatkan. Dengan terbentuknya kepengurusan baru diharapkan lebih memotivasi sekaligus mengembangkan  pramuka di Unusa.

“Tak dipungkiri selama ini masyarakat termasuk para mahasiswa mengenal pramuka hanya sekadar tepuk-tepuk, nyanyi-nyanyi, dan kemah. Padahal kegiatan di pramuka sangat positif dan kekinian, tak ketinggalan zaman sebagaimana anggapan banyak orang,” kata mahasiswa S1 PGSD Unusa.

Ulvi mencontohkan kegiatan yang digelar  Pramuka, di antaranya lomba karya ilmiah, seminar pramuka, pengabdian masyarakat hingga kegiatan yang berhubungan lingkungan hidup. Biasanya H-7 hingga H+7 Hari Raya Lebaran, pramuka bergabung dengan Saka Bhayangkara (pramuka di lingkup kepolisian) untuk terjun membantu masyarakat mengatur lalu lintas. Begitu pula partisipasi pramuka membantu Pemkot Surabaya dalam kegiatan bersih-bersih Pantai Kenjeran.

“Kegiatan seperti itulah yang belum banyak diketahui umum, padahal banyak sekali kegiatan positif yang sudah dilakukan pramuka. Karenanya kami sangat ingin kembali memberdayakan pramuka di Unusa,” kata Ulvi yang baru pulang mengikuti kegiatan Sea Teacher dari Philipina, pada September 2019.

Saat ini sedang dipersiapkan penerimaan tamu racana (PTR), kegiatan yang wajib diikuti anggota baru. Rencananya kegiatan ini akan diadakan awal Desember 2019 selama dua hari satu malam.

Ketua Dewan Racana Putri periode 2019-2020 Ashimatul Wardah Al Mawaddah mengatakan program mendatang untuk menggerakkan kembali kegiatan pramuka di Unusa. Sekaligus mengenalkan pramuka Unusa ke luar dengan berbagai kegiatan positif.

“Minat Pramuka di kalangan mahasiswa relative masih kurang. Tercatat anggota UKM Pramuka sekitar 30 orang. Keterbatasan SDM ini juga menjadi kendala dalam menggelar berbagai kegiatan. Dan itu menjadi tantangan kami untuk lebih bersemangat mempersiapkan diri lebih baik,” kata Mita, panggilan akrab Ashimatul Wardah Al Mawaddah.

Mita mengatakan persiapan perlu dilakukan mengingat ada rencana Akademik dan Kemahasiswaan (Akamawa) Unusa untuk mewajibkan UKM Pramuka kepada  mahasiswa prodi PGSD. Selama ini Pramuka sudah masuk dalam mata kuliah wajib di semester 4 prodi PGSD.

Sementara dalam pelantikan pengurus pramuka, telah diserahterimakan jabatan pengurus lama Ketua Dewan Racana Putra Ahmad Syamsuddin dan Ketua Dewan Racana Putri Nur Lutfi Ayu Gita Lestari, kepada pengurus baru Ketua Dewan Racana Putra Imam Syafii Hadi dan Ketua Dewan Racana Putri Ashimatul Wardah Al Mawaddah. Pelantikan dan serah terima jabatan disaksikan Pembina Gugus Depan Putra Mohammad Taufiq SSi MPd dan Pembina Gugus Depan Putri Dewi Widiana Rahayu SPd MPd. (hap/Humas Unusa)