Mahasiswa Unusa Ikuti Ekspedisi Perintis Maritim

Surabaya – MahasiswaUniversitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) mengikuti Ekspedisi Perintis Maritim (EPM). Kegiatan yang digagas Rintara Jatim ini memiliki misi di bidang sosial ekonomi dan sosial lingkungan.

Miftah Ihza Ainul Yaqin menjelaskan bahwa ekspedisi ini membawa misi khusus untuk memberdayakan masyarakat di wilayah Tertinggal, Terdepan, Terluar (3T). “Tujuan dari ekspedisi ini adalah untuk mengembangkan dan meningkatkan potensi daerah 3T dari sisi sosial ekonomi, dan kualitas kesehatannya,” jelasnya saat dihubungi via aplikasi chat online, Kamis (03/01).

Ekspedisi yang diselenggarakan pada 27 desember 2018, hingga 05 januari 2019 ini dilaksanakan di Kepulauan Masalembu. Kegiatan dalam ekspedisi meliputi pelbagai macam, seperti Bidang pendidikan ada Lomba Karya di Rumah Baca, Training manajerial kelompok literasi dan lain sebagainya. Dalam bidang sosial ekonomi dan sosial lingkungan pun juga memiliki beberapa agenda spesifik, contohnya Penguatan Produk Lokal dan Pemetaan spot wisata Masalembu untuk agenda sosial ekonomi. Sedangkan pada sosial lingkungan, Tanam Mangrove juga Sharing session menjadi upaya saling berbagi pengalaman dan ide-ide kreatif bersama dengan masyarakat.

Miftah berharap dengan berangkatnya ia sebagai delegasi dari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya ini ia mampu mewujudkan harapan kampus, untuk menjadi bermanfaat bagi masyarakat luas. “Dapat menindak lanjuti keadaan yang terjadi di daerah 3T kepada pemerintah. Hal ini merupakan sebuah kehormatan bagi saya. Dan tentunya ini juga sebagian dari amanah Universitas agar mahasiswa Unusa juga bisa bermanfaat bagi masyarakat luas,” tutupnya. (rere/humas)