Di Unusa, Bisa Jago Bahasa Inggris dan Bidang Kesehatan Loh

Bahasa Inggris merupakan bahasa paling banyak digunakan dalam berkomunikasi secara internasional. Paling tidak hal itu yang terjadi saat ini. Agar lebih jago dalam melafalkannya, kebanyakan dari kita memilih jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) saat duduk di bangku kuliah. Tak jarang, para lulusan dari jurusan ini memilih sebagai tenaga pendidik Bahasa Inggris.

Namun, di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) menawarkan hal yang menarik bagi kalian yang ingin mengambil jurusan ini. Selain menghasilkan tenaga pendidik, Unusa juga memberikan ilmu kepada mahasiswanya untuk mendirikan lapangan pekerjaan dengan kemampuan berbahasa yang mereka miliki.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris di Unusa, Tiyas Saputri. “Kami tidak hanya mencetak sebagai pendidik saja. Namun, kami juga membekali mahasiswa dengan ilmu kewirausahaan agar mereka dapat menciptakan lapangan pekerjaan, seperti jasa terjemahan hingga menjadi tour guide,” ungkapnya.

Tak hanya itu, keunggulan lain dari PBI di Unusa adalah adanya mata kuliah ESP (English for Spesific Purpose) yang mengarah di bidang kesehatan. Para mahasiswa nantinya akan diajarkan mengenai istilah-istilah dalam dunia medis yang belum pernah diajarkan sebelumnya.

“Karena latar belakang kampus kami awalnya dari Stikes Yarsis, sehingga kami memunculkan mata kuliah ini sebagai ciri khas. Mata kuliah ini belum ada di kampus lain dan hanya ada di Unusa,” jelas Tiyas.

Selain dua keunggulan tersebut, berikut keunggulan lain dari Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris di Unusa:

1. Dengan adanya mata kuliah ESP (English for Specific Purposes) yang mengarah di bidang kesehatan, calon lulusan mampu mengaplikasikan bidang kesehatan dalam bentuk pengajaran bahasa Inggris.

2. Dengan adanya mata kuliah English Correspondence, calon lulusan mampu bekerja di berbagai macam jenis lembaga atau perusahaan baik di dalam maupun luar negeri.

3. Dengan adanya mata kuliah Translation dan Interpretation, selain dapat bekerja di berbagai jenis lembaga atau perusahaan baik di dalam maupun luar negeri, calon lulusan mampu membuka usaha sendiri dengan cara mengalih bahasakan suatu kalimat dalam bentuk lisan maupun tulisan.

4. Dengan adanya mata kuliah Entrepreneurship, calon lulusan mampu membuka usaha sendiri, misalnya lembaga kursus bahasa Inggris.

5. Prodi S1 pendidikan Bahasa Inggris yang bernaung di bawah FKIP sudah  menjalin kerjasama dengan Merlion School dalam hal tri dharma perguruan tinggi dan direncanakan lulusan terbaik prodi tersebut akan direkrut oleh institusi tersebut.

6. Bahkan Prodi S1 pendidikan Bahasa Inggris Unusa akan menjalin kerjasama dengan beberapa lembaga kursus bahasa Inggris seperti Kampung Inggris Pare, perhotelan, instansi pemerintah maupun swasta. (amm)