Wujud Kepedulian Sesama, UKM Pramuka Unusa dan PGSD Unusa Bagi-bagi Takjil

Surabaya – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Unusa bekerjasama dengan Prodi PGSD Universitas NU Surabaya mengadakan kegiatan bagi-bagi takjil. Kegiatan ini diadakan di depan Rumah Sakit Islam Jalan Jemursari pada Kamis, 24 Mei 2018.

Atiqoh Mufidah, Ketua Pelaksana mengatakan kegiatan ini merupakah kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap bulan puasa. “Kegiatan ini merupakan kepedulian kami, sehingga pendanaannya pun sebagain besar berasal dari sumbangan atau iuran mahasiswa,” katanya.

Kegiatan ini bekerjasama dengan Prodi PGSD dimana mahasiswa yang terlibat kebanyakan berasal dari mahasiswa semester 4. “Ini karena program pendidikan kepramukaan adalah bagian dari mata kuliah,” katanya.

Selain bagi-bagi takjil, kegiatan juga dilakukan buka puasa bersama dengan para dosen pengampu. Diungkapkan Ulvi, Ketua Himpunan Mahasiswa PGSD bahwa dari prodi PGSD khususnya semester 4 tersebut mempunyai keinginan untuk menutup perkuliahan dengan kegiatan yang mengesankan yaitu buka bersama dengan dosen pengampu.

“Karena beberapa dari mahasiswa PGSD semester 4 adalah anggota UKM Pramuka, maka diusulkan untuk diajak bekerja sama. Sehingga bagi-bagi takjil ini diselenggarakan UKM bekerjasama dengan Prodi PGSD khususnya mahasiswa semester 4,” katanya. 

Ditambahkan Ulvi, bagi-bagi takjil ini berbagi rizki kepada orang lain. Terutama musafir yang sedang lewat jalan tsb. 

“Untuk buka bersama kami agar di awal bulan Ramadhan dapat memupuk tali silaturahmi terutama antar mahasiswa PGSD dan UKM Pramuka. Disamping itu juga mahasiswa PGSD agar mampu berpikiran positif terhadap Pramuka serta terbentuknya ruang kerjasama antara UKM pramuka dan Prodi PGSD untuk bersama-sama mewujudkan generasi yang peduli dengan sekitar,” katanya.

Sementara itu, Mohammad Taufiq, S.Si. M.Pd, Ketua Pembina UKM Pramuka UNUSA mengatakan bahwa kegiatan bagi-bagi takjil ini dananya diambilkan dari dana kas Pramuka dan iuran anggota. Sementara untuk buka bersama anggaran diambilkan dari iuran mahasiswa dan dan pelatih. 

“Semua merupakan dana patungan dari mereka. Tidak ada sponsol apapun. Ini merupakan bentuk kepedulian kita bersama atau rasa sosial mereka yang ingin untuk berbagi takjil dan buka puasa bersama untuk menjalin kekompakkan antara PGSD dan Pramuka,” katanya. 

Kegiatan berbagi takjil dan buka puasa bersama ini sengaja dilakukan antara PGSD dan UKM Pramuka, kata Taufiq, karena anggota UKM Pramuka paling banyak berasal dari PGSD. “Sehingga kami sangat kompak,” katanya. 

Menurut Taufiq, kegiatan ini diikuti sekitar 50 mahasiswa. “Masyarakat sangat antusias. Terutama para pengguna jalan di Jalan Jemursari. Ini tidak memandang dari golongan apapun, semua yang membutuhkan takjil ya kita berikan. Karena ini untuk melatih kepedulian mahasiswa terhadap sesama,” katanya.