PGSD Unusa Gelar Pameran Media Pembelajaran

Surabaya – Pameran media pembelajaran yang bertajuk “Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar Melalui Inovasi Media Pembelajaran yang Asik dan Menarik”. Yang diadakan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) sangat meriah, peserta yang turut berpartisipasi dalam pameran ini merupakan mahasiswa S1 PGSD Unusa.

Media pembelajaran secara umum merupakan alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran atau pelatihan.

Menurut salah satu peserta, Tantowi mengungkapkan dengan pameran media pembelajaran menjadikan kreativitas calon pendidik dalam menyampaikan setiap materi pelajaran, karena dalam pameran ini basis media yang diangkat sangat beranekaragam, dari basis grafik, audio visual, komputer, manipulatif, benda nyata dan lain sebagainya. “Kreativitas media disini tidak terbatas, modal yang dikeluarkan peserta mulai dari yang mahal dan murah, yang penting mampu menyampaikan informasi materi,” ungkapnya, Sabtu, (12/5).

Sementara itu Kaprodi S1 PGSD Unusa, Sri Hartatik, S.Si., M.Pd. mengapresiasi setinggi-tingginya untuk mahasiswa yang menjadi peserta pameran, dan di luar dugaan melebihi ekspektasi. “Saya berharap mahasiswanya mampu menjadi pencipta baru media pembelajaran, serta mengembangkan media lain yang kreatif dan inovatif sehingga mahasiswa yang notabennya sebagai calon guru siap menghadapi tantangan pendidikan yang semakin kompleks,” ungkapnya.

Pemeran ini adalah ajang kreativitas mahasiswa yang diselanggarakan setiap tahun, dan insyaallah akan diselanggarakan setiap tahun, ajang ini setiap tahunnya akan memunculkan media pembelajaran terbaru, kreatif dan inovatif