Mahasiswa Profesi Ners Unusa Lakukan Praktik Keperawatan Komunitas Keluarga

Surabaya – Program Studi (Prodi) Profesi Ners Fakultas Keperawatan dan Kebidanan (FKK) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) mengadakan Praktik Keperawatan Komunitas Keluarga di RW 02/06 Kelurahan Karah Kecamatan Jambangan Kota Surabaya.

Ketua Prodi Profesi Ners Unusa, Ns. Siti Nurjanah, M. Kep. Mengungkapkan, Prodi Profesi Ners FKK Unusa sebagai institusi yang menunjang program pemerintah guna meningkatkan kualitas hidup manusia sebagaimana yang tertuang dalam 9 agenda prioritas NAWACITA. Dalam mewujudkan hal tersebut FKK Unusa melalui program profesi komunitas berupaya untuk menyelenggarakan pelayanan dalam asuhan keperawatan kepada keluarga dan kelompok. “Dalam UU Keperawatan pasal 1 yang menyebutkan keperawatan komunitas merupakan pelayanan kesehatan yang berlandaskan ilmu dan kiat keperawatan, praktik keperawatan menyelenggarakan pelayanan dalam bentuk asuhan keperawatan kepada individu, keluarga, kelompok atau masyarakat, baik dalam dalam keadaan sakit maupun sehat,” ungkapnya, Sabtu, (16/4).

Selama melakukan praktik keperawatan komunitas keluarga di RW 02/06 Kelurahan Karah Kecamatan Jambangan Kota Surabaya. Mahasiswa di masing-masing RW tersebut melakukan asuhan keperawatan komunitas dan keluarga dengan tujuan menemukan masalah kesehatan dan merencanakan tindakan pencegahan, dan promosi kesehatan. Mahasiswa profesi pertama-tama melakukan pengkajian menggunakan model community healh partner, setelah terkumpul data diagnosa ditegakkan dan diprioritaskan 2 masalah terbesar, selanjutnya disusun intervensi keperawatannya bersama warga dan keluarga, kemudian disepakati intervensi. (Humas Unusa)