Mahasiswa Program Ners FKK Unusa Gelar Seminar Kasus

Surabaya – Usai menggelar praktik, 20 Mahasiswa Profesi Ners Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (FKK Unusa) yang telah melakukan Praktik di Rumah Sakit Islam (RSI) Jemursari Surabaya mengadakan Seminar Kasus Keperawatan Medikal Bedah. Seminar ini sebagai syarat sebelum mahasiswa mengakhiri praktik di Rumah Sakit.

Salah satu Dosen pendamping, Muhammad Khafid, S.Kep.,Ns.M.Si. mengungkapkan kegiatan ini berupa evaluasi terkait asuhan kesehatan yang diberikan kepada pasien. “Dalam proses seminar ini, mahasiswa memaparkan konsep medis penyakit pasien kelolaannya dan konsep keperawatannya,” ujarnya saat mengikuti acara ini di Kafe Fastron Lantai 3 Tower Unusa Kampus B Jemursari Surabaya, Rabu (10/1).

Pada saat seminar kasus, mahasiswa Program Profesi Ners FKK Unusa memberikan asuhan keperawatan medikal bedah. “Mereka juga tidak melupakan kebutuhan aspek spiritual pasien, seperti berdoa sebelum dan setelah melakukan tindakan,” jelasnya.

Muhammad Khafid yang juga merupakan Dosen Program Profesi Ners FKK Unusa menambahkan, dalam seminar ini mahasiswa praktik akan memaparkan kasus-kasus pasien yang ditangani selama mereka dinas di Rumah Sakit. “Output dari seminar ini diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan kompetensinya dibidang keperawatan terutama mampu menjawab soal Uji Kompetensi (Ukom) yaitu ujian menyeleksi tenaga kesehatan berkualitas. Semoga mereka dapat menyelesaikan dengan baik jika berhadapan dengan soal uji kompetensi,” ujarnya.

Dosen FKK ini mengucapkan terima kasih kepada pihak Rumah Sakit yang telah membimbing mahasiswa Profesi Ners. “Kami sebagai dosen pendamping merasa sangat berterima kasih kepada pihak RSI Jemursari Surabaya karena sangat mendukung dan ikut membimbing mahasiswa kami di lahan praktik. Selain  di RSI Jemursari, terdapat pula mahasiswa Profesi Ners FKK Unusa yang sedang melakukan Praktik di Rumah Sakit Islam Ahmad Yani Surabaya,” tambahnya.

Mahasiswa Profesi Ners Unusa, Ba’iq Paramita Aulia mengungkapkan, adanya program Praktik di Rumah Sakit ini telah menambah wawasan bagi mahasiswa Profesi Ners FKK Unusa. Setelah selesai masa praktik ini, para mahasiswa harus bertambah giat belajar. “Tantangan dalam praktik ini adalah para mahasiswa harus benar-benar menguasai materi dan harus siap, agar tidak salah tindakan atau pertolongan,” tuturnya.  (Humas Unusa)