Prodi S1 Gizi dan S1 IKM Unusa Raih Akreditasi B

Surabaya – Keseriusan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) dalam mengelola Program Studi yang ada di Unusa telah terbukti. Sebelumnya Unusa telah memperoleh akreditasi B untuk institusi. Kali ini, Program Studi S1 Gizi dan S1 IKM membawa kabar gembira. Meski baru memasuki usia ke-4 tahun. Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) telah memberikan penilaian prodi S1 Gizi dan S1 IKM Unusa berpredikat B dengan mengantongi total nilai sebesar 325 untuk Program Studi S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) dan nilai 320 untuk Program S1 Gizi.

Rektor Unusa, Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie, M.Eng. menyambut baik atas diperolehnya penilaian tersebut. “Kami memang bersungguh-sungguh dalam mengelola institusi, fakultas dan prodi yang merupakan amanah dari umat. Hasil akreditasi ini adalah salah satu bukti kesungguhan kami,” katanya, Kamis (6/12) siang.

Penilaian ini membuktikan jika tata kelola yang kami jalankan, kata Achmad Jazidie menambahkan, sudah sesuai pada rel yang telah digariskan terkait dengan tata kelola perguruan tinggi. Kini, Unusa sedang mempersiapkan diri untuk bisa memperbaiki nilai akreditasi program studi. Salah satunya telah dibuktikan dengan nilai akreditasi B untuk Prodi S1 Gizi dan S1 IKM Unusa.

“Akreditasi program studi itu adalah kumpulan atau gabungan dari borang-borang atau capaian prestasi yang dimiliki di setiap prodi, hasilnya akreditasi prodi, karena hampir semua unsur yang dinilai pada akreditasi prodi sama. Karena itu kami berharap akreditasi prodi juga akan lebih baik, yang C menjadi B dan B menjadi A,” katanya berharap.

Ketua Satuan Penjaminan Mutu Internal Unusa, Wesiana Heris Santy menuturkan, Jauh hari jelang penilaian akreditasi Program Studi S1 Gizi dan S1 IKM Unusa memang sudah menyiapkan diri untuk dinilai. Karenanya, ketika asesor dari LAM PTKes melakukan visitasi dan mengkonfirmasi dari borang yang telah diisi, civitas akademika program studi antusias menyambutnya.

“Apalagi dialog dan diskusi yang dilakukan para asesor LAM PTKes telah menyemangati kami untuk bekerja lebih giat lagi. Penilai dari LAM PTKes ini telah memberikan semangat bagi para pengajar dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kinerjanya. Hasil akreditasi ini menjadi cambuk untuk lebih baik lagi. Kami akan mempertahankan dan berharap bisa meningkatkan prestasi ini,” kata Wesiana.

Menurut Ketua Program Studi S1 IKM Unusa, Wiwik Afridah, SKM., M.Kes, menuturkan penilaian akreditasi B dari LAM PTKes ini perlu disyukuri, karena diakuinya, terdapat beberapa tantangan yang dialami setiap prodi yang ada di Unusa untuk mendapatkan akreditasi tersebut. Satu diantaranya adalah mengubah kerangka pikir sivitas akademika prodi dan para pemangku kepentingan. “Sistem manajemen dan tata kelola terus kami benahi untuk menggerakkan dan mewujudkan program-program visioner. Kami mengatasinya dengan melakukan penyempurnaan manajemen dan tata kelola yang efektif, efisien, produktif, dan akuntabel,” ungkapnya. (Humas Unusa)