UCC Unusa ajak Mahasiswa Rancang Persiapan Kerja Masa Depan

Surabaya – Unusa Career Center (UCC) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) mengadakan seminar karir bertema kiat sukses alumni dalam menghadapi globalisasi. Kegiatan ini diikuti oleh 250 peserta dari kalangan mahasiswa Unusa. Hadir sebagai pembicara adalah Letkol Laut (K) Dr. Anwar Kurniadi, S.KP., M.Kep. Ketua Komite Keperawatan Rumkital dr. Mintoharjo Jakarta/ Alumni Unusa (Akademi Keperawatan Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya, red) Angkatan tahun 1990.

Dalam sambutannya, Direktur UCC Unusa, Umdatus Sholihah, menyatakan bahwa kegiatan ini memberikan bekal pada mahasiswa untuk mengetahui perkembangan, keterampilan yang dibutuhkan, dan attitude yang sesuai pada dunia kerja saat ini. “Nantinya materi yang diberikan akan memberikan bekal kesuksesan akademik, kepribadian, karir, dan sosial,” tuturnya.

Masuk ke dalam materi, Anwar Kurniadi menjelaskan mengenai tips masuk ke dunia kerja. Ia menyarankan pada mahasiswa, untuk masuk ke dunia kerja, mahasiswa harus kritis mencari info mengenai sifat perusahaan atau tempat kerja yang dituju. Sebagai tambahan, untuk mendapatkan pekerjaan yang baik, mahasiswa harus mau dan mampu untuk ditempa cobaan dalam bekerja atau menempukan kesempatan usaha di masyarakat.

Selain presentasi mengenai hal tersebut, Anwar Kurniadi mengemukakan motivasi bekerja, yaitu untuk memenuhi passion, cara bertahan dalam hidup, dan status sosial. Menurutnya banyak peluang yang tersedia dalam dunia karir bagi para lulusan Unusa. “Pertama  bidang  akademik seperti menjadi pengajar, peneliti, dan tim manajemen di akademik. Kedua, di area non-akademik dengan menjadi karyawan di bidang kesehatan, wirausahawan, dan socio-preneur,” tuturnya saat memberikan materi di Aula Lantai 3 Kampus A Unusa Wonokromo Surabaya, Jumat (11/8).

Tidak hanya berbicara mengenai perkembangan di dunia karir, Letkol Laut (k) Ia juga menyebutkan apa saja yang perlu dipersiapkan oleh fresh graduate yang akan memasuki dunia pekerjaan, diantaranya kemampuan berkomunikasi, analisis dan riset, kemampuan teknis dan komputer, fleksibel atau mampu beradaptasi, mampu membangun hubungan interpersonal, memiliki sisi kepemimpinan, memiliki sensitivitas multicultural, mampu memiliki perencanaan dan terorganisir, mampu kemampuan dalam memecahkan persoalan, kreatif, dan memiliki teamwork yang baik. Selain itu harus memiliki keterampilan dan kompetensi di bidangnya. (Humas Unusa)