Antusiasme Mahasiswa PGSD Ikuti Kuliah

Surabaya

Pembelajaran di Prodi PGSD Unusa tidak serta merta dilakukan di dalam kelas dan mengunakan metode ceramah. Tapi digunakan pula metode berbasis media, salah satunya mencari informasi dan menambah pengetahuan melalui media kliping koran.

Suasana ini yang ditemukan berbeda di lorong pelataran Prodi PGSD Unusa, JUmat (21/10). Beberapa mahasiswa PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) angkatan 2016, sedang mengerjakan tugas mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar (IAD). Mereka sedang membuat kliping berita terkait Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi. Dosen pengampu matakuliah ini adalag Mohammad Taufiq, S.Si., M.Pd.

Keceriaan dan semangat mahasiswa terlihat dari antusiasmenya dalam mengkliping berita-berita dalam koran. Apa kata mereka terkait matakuliah dan tugas-tugas tersebut?

Erika Nurkumalarini, Mahasiswa S1 PGSD menuturkan, tugas semacam ini sangat menarik bagi kami. Terlebih, kami bersinggungan langsung dengan anak sekolah dasar yang memiliki daya kreativitas tinggi. “Harapan kami model pembelajaran semacam ini perlu diterapkan kepada para mahasiswa PGSD, sehingga, sebagai seorang guru SD dapat menerapkan pula kepada anak-anak sekolah dasar,” ungkapnya.

Siti Nurlaili, Mahasiswa yang bertempat tinggal di Jl. Tambak Madya Surabaya ini mengungkapkan, banyak pengalaman baru kami terima. Salah satunya berbagai ilmu yang ada di koran terkait Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi. “Semoga ilmu yang kami dapatkan terkait matakuliah IAD dapat bermanfaat untuk berkembang di masyarakat,” tuturnya.

Sama halnya dengan Siti, Nuril Izza, Mahasiswa S1 PGSD ini menuturkan, IAD merupakan salah satu mata kuliah yang termasuk Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) yakni mata kuliah dengan bobot 2 SKS yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa pada semua program studi non eksakta dengan maksud agar mahasiswa dikenalkan pada konsep-konsep dasar alamiah dalam menunjang dan melandasi pengetahuan mahasiswa untuk memahami, mengkaji dan menerapkan pengetahuan lainnya, khususnya pemecahan-pemecahan masalah, teori maupun konsep ilmu yang berkaitan dengan alam.

“Matakuliah IAD tidak sebatas pembelajaran di dalam kelas, pembelajaran di luar kelas pun dapat digunakan untuk menambah pengetahuan mahasiswa, terlebih menggunakan berbagai media pembelajaran,” pungkasnya. (Humas Unusa)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *