Bakti Sosial Unusa

Sidoarjo- Dalam rangka mengimplementasikan Tri Dharma perguruan tinggi, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya 20 Maret 2016 melaksanakan Bakti Sosial di Musalla Nurul Haq Desa Tawangsari, Kecamatan Taman, Perumahan Taman Asri Sidoarjo. Kegaiatan yang dibuka langsung oleh Ketua LPPM Unusa, Prof. Kacung Marijan Ph.D., diikuti oleh sekitar 150 warga dan dihadiri oleh beberapa tokoh masyarakat, seperti Kyai, RT, dan RW setempat.

Sebagai kampus yang berbasis kesehatan, artinya Unusa lahir pertama kali 1979 bernama Sekolah Perawat Kesehatan (SPK), dan hingga saat ini memiliki tiga fakultas di bidang kesehatan (F.Kesehatan, F.Keperawatan dan Kebidanan, F.Kedokteran) memberikan pelayanan medis dengan pemeriksaan gratis yang dilakukan oleh beberapa dokter/dosen dan mahasiswa. Kesehatan adalah bagian yang paling esensial dalam kehidupan tidak sedikit masyarakat yang mengalami masalah dengan kesehatan karena pola hidupnya yang kurang sehat, bahkan cenderung mengabaikan. Buktinya Setelah dilakukan pemekrisaan banyak masyarakat yang terkena asam urat dan hipertensi, harapannya setelah ada pemeriksaan dan konsultasi kesehatan masyarakat mulai mengerti pentingnya kesehatan.

Menurut ketua pelaksana M. Ghofirin, M.Pd., bakti sosial dilakukan sebagai upaya pengabdian pada umat dan bangsa serta mendekatkan civitas akademika Unusa dengan masyarakat. Menurutnya bakti sosial ini bukanlah pertama dan terakhir tetapi awal dari sebuah komitmen untuk terus berkontribusi secara konkret. R. Mustofa(Humas Unusa, 20 Maret 2016)