Surabaya – Direktorat Akademik dan Kemahasiswaan (Akamawa) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) menggelar Workshop Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dengan tema Mencetak Entrepreneur Rahmatan Lil Alamin, Rabu (5/5) melalui aplikasi Zoom dan Youtube.

Acara yang dilaksanakan selama 2 hari, mulai tanggal 5-6 Mei 2021 yang menghadirkan berbagai narasumber berkompeten, yakni Staf Khusus Pengembangan Kewirausahaan Nasional Kementerian Investasi Republik Indonesia/ Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Muhammad Pradana Indraputra. Pembina Kewirausahaan Unair, Dr. Tri Siwi Agustina SE., M.Si., dan COO Engineering Career Center UGM, Haryo Kusuma Wibawa, ST., CPC.

Dalam sambutannya, Rektor Unusa, Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie, M.Eng menyambut baik acara yang diinisiasi Direktorat Akamawa Unusa ini. Dirinya mengingatkan ada 4 sifat dasar untuk menjadi wirausahawan Rahmatan Lil Alamin, yakni Smart (pintar), Honest (jujur), Komunikatif, dan Profesional yang berkomitmen. “Selain persoalan teknis yang harus dipegang, empat dasar ini menjadi pegangan utama untuk menjadi wirausahawan yang Rahmatan Lil Alamin,” ungkapnya, Rabu (5/5).

Jazidie menjelaskan, 4 dasar itu sama halnya dengan sifat yang dicontohkan Nabi Muhammad, seperti shiddiq, amanah, tabligh dan fathonah. “Jadi itu adalah ruh jiwa kewirausahaan, khususnya dalam proses pembelajaran di Unusa,” jelasnya.

Salah satu narasumber, Staf Khusus Pengembangan Kewirausahaan Nasional Kementerian Investasi/ BKPM, Muhammad Pradana Indraputra mengatakan, ketika membuat bisnis plan tidak boleh asal-asalan, harus dijelaskan secara detail. “Jadi tidak boleh menggampangkan, harus tahu dari mana bisnis yang akan digeluti tersebut,” ucapnya.

Selain itu, Pradana mengingatkan, kita harus mampu mengelaborasi atau menjawab tujuan bisnis, serta bagaimana mencapai bisnis.

“Investor tidak akan memandang presentasi yang disajikan. Namun investor itu melihat bisnis yang akan dijalani. Jadi mereka akan melihat seberapa menariknya bisnis yang kita miliki,” ucapnya. (sar humas)

Spread the love