Surabaya – Mempermudah dalam mengolah data penelitian beberapa dosen dari delapan universitas belajar aplikasi STATA di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa). Nantinya aplikasi ini akan di ajarkan kepada mahasiswa Prodi Akutansi Unusa untuk membantu memudahkan mengolah data yang banyak.

Salah satu dosen dari Unusa yang ikut dalam pelatihan ini Hidayatul Khusnah S.Pd., M.Sc yang merupakan dosen Akutansi menjelaskan aplikasi ini tergolong baru diterapkan di Indonesia. Dengan aplikasi ini dapat mempermudah untuk mengolah data.

“Jadi aplikasi ini bisa membantu kami dosen untuk memilah data dengan mudah saat melakukan penelitian,” beber Hida.

Aplikasi yang tergolong baru ini sudah mulai diterapkan pertama kali di Universitas Gajah Mada (UGM). Kondisi ini membuat Hida berencana akan menerapkan di Unusa untuk memudahkan mengolah data.

Akan tetapi saat ini dirinya dan beberapa dosen lainnya masih mempelajari aplikasi tersebut untuk lebih mahir. “Setidaknya kami mempersiapkan ini semua sebelum kami terapkan ke mahasiswa Unusa,” ucap Hida.

Pelatihan STATA ini digelar Jumat 7 Februari 2020 di Unusa dengan diikuti dosen akutansi dari berbagai universitas di Indonesia. Hida menambahkan jika aplikasi ini lebih mudah dibandingkan alat statistik lainnya.

“Jadi memang ini yang membuat kami akan menerapkan di Akutansi Bisnis yang memang menggunakan data yang cukup banyak,” jelasnya.

Hida menambahkan jika dalam waktu dekat ini akan ada pelatihan STATA lanjutan. “Untuk waktunya nanti akan didiskusikan kembali,” ucapnya. (sar humas)

Spread the love