Surabaya – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) ajak masyarakat RT 16 RW 03 Desa Kedungrejo, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo untuk menanam tanaman obat keluarga (Toga) untuk menjaga kesehatan masyarakat ditengah pandemi covid-19.
Ketua Kelompok 25 KKN Unusa, Ainun Nitsa Rahayu menjelaskan tanaman toga banyak manfaat yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan. Banyaknya masyarakat yang melupakan tanaman toga yang dapat dimanfaatkan untuk minuman jamu atau obat herbal.
“Banyak warga yang belum memahami manfaatkan taman toga ini, jadi disini kami juga mengedukasi masyarakat bagaimana memanfaatkan taman toga untuk dikonsumsi sebagai jamu,” beber Ainun, Rabu (16/9).
Mahasiswa menanam beberapa tanaman Toga diantanya Kencur, Patah Tulang, Dandang Gendis, Gingseng, Sambung Nyowo dan masih banyak lagi. Selain penanaman, mahasiswa KKN juga memberikan edukasi mengenai pengertian umum dari TOGA, perawatan, serta pengolahannya menjadi jamu untuk konsumsi. “Ini sebagai upaya preventif yang dilakukan untuk mencegah penyakin corona,” beber Ainun.
Ainun berharap penanaman Toga ini dilakukan dengan harapan tanaman tersebut dapat memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan, sehingga akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga. “Kami juga membagikan minuman herbal hasil pengolahan kelompok. Minuman ini dibuat dari campuran jahe dan daun serai,” jelas Ainun. (sar humas)

Spread the love