Surabaya – Himpunan Mahasiswa (Hima) Ners dan Hima Digper Fakultas Keperawatan dan Kebidanan (FKK) menggelar pelatihan BTCLS (Basic Trauma Cardiac Life Support). Acara yang dibuka langsung oleh Ketua DPW PPNI Jawa Timur Prof Dr. H. Nursalam. M.Nurs (Hons), Senin (6/9) dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom.
Rangkaian acara dilakukan secara hybrid, luring dan daring, berlangsung hingga 12 Septermber 2021. Acara ini juga dihadiri oleh Dr. Sriyono, S.Kep.Ns.,M.Kep.,Sp.Kep.MB yang merupakan Ketua Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia (HIPGABI) Jawa Timur dan Prof. Kacung Marijan, selaku Wakil Rektor I Unusa.
Dalam sambutannya, Nursalam menjelaskan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi perawat yang sudah lulus. Dalam meteri pelatihan meliputi enam skill seperti pelatihan BTCLS antara lain BLS, Airway Breathing, Initial Assessement, Bebat Bidai & Lifting Moving, EKG Normal aritmia dan coroner, Skill ALS, Skill Donning Doffing & KED. “Materinya cukup bagus untuk pengetahuan tambahan bagi perawat yang sudah lulus,” kata Nursalam.
Nursalam menjelaskan pelatihan ini merupakan salah satu syarat utama untuk terjun ke pelayanan, sehingga perawat yang akan berkerja di Puskesmas bisa dengan mudah berkerja karena telah memiliki sertifikat,” ungkapnya.
Sedangkan, Sriyono berharap peserta bisa memanfaatkan ilmu yang diberikan selama pelatihan. Terlebih pemateri yang menyampaikan sudah ahli dibidangnya. “Jadi ilmu ini bisa dimanfaatkan lebih oleh peserta,” terangnya.
Dengan pelatihan ini, perawat akan dengan mudah dan percaya diri dalam melakukan penanganan menghadapi bencana. “Jadi perawat bisa menghadapi bencana yang membutuhkan penanganan korban dengan cepat, tepat dan efisien,” ungkapnya. (sar humas)

Spread the love