Surabaya – Untuk memantapkan persiapan pengusulan proposal PKM 2021, Himpunan Mahasiswa (Hima) Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) UNUSA menggelar kegiatan Workshop dan Pembinaan Karya Tulis Ilmiah 2021 bertemakan Menyiapkan Smart Generation Melalui Pengembangan Soft Skill dalam Pembinaan Karya Tulis Ilmiah.

Narasumber pada workshop ini ada dua pembicara antara lain Achmad Syafiuddin, S.Si., M.Phil., Ph.D dari Dosen Kesehatan Masyarakat UNUSA dan Muhammad Dian Saputra Taher dari Ketua PKM Center Universitas Gadjah Mada dan peraih medali perak dan emas dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

Acara ini diikuti oleh mahasiswa kesehatan masyarakat UNUSA dan acara ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Kesehatan, Prof. S. P. Edijanto, dr., Sp.PK(K) dalam sambutannya beliau berpesan bahwa budaya membuat karya tulis sangat penting untuk menyampaikan ilmu pengetahuan dan pengalaman dari penulis kepada masyarakat.

Achmad Syafiuddin, S.Si., M.Phil., Ph.D menyampaikan pentingnya kemampuan menulis dibidang akademis yaitu promosi ke posisi yang lebih tinggi, penulis mendapatkan pengakuan tingkat nasional maupun internasional, sukses dalam aplikasi hibah dan persyaratan kelulusan.

“Bagian terpenting dalam menulis adalah pengantar kemudian latar belakang, pernyataan masalah dan tujuan sehingga karya tulis ilmiah yang dihasilkan bisa menjadi kontribusi untuk masyarakat,” ungkapnya.

Muhammad Dian Saputra Taher menjelaskan tips dan trik yang menjadi hal penting dalam Proposal PKM adalah memperhatikan format penulisan yang sesuai dengan panduan PKM, hal ini menjadi bagian yang wajib digaris bawahi mengingat dalam seleksi PKM yang pertama dinilai adalah persyaratan administratifnya.

“Jika seleksi administratifnya lolos maka baru dapat dilanjutkan ketahap penilaian substansi,” ungkapnya.

Muhammad Dian Saputra Taher menambahkan dalam rangka pembinaan proposal PKM perlu sebuah tips salah satunya pada jenis PKM PM, pada latar belakang harus telitis dalam penulisan mitra, selain itu penulis dapat menggambarkan kondisi permasalahan desa dan solusi. Dalam workshop ini dilakukan melalui aplikasi zoom dan live streaming youtube HIMA IKM UNUSA, Sabtu (13/2).

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan banyak manfaat terutama dalam rangka meningkatkan wawasan mahasiswa di bidang penulisan, dapat termotivasi serta mahasiswa mengetahui dan paham cara penulisan yang baik dan benar.

Harapannya mahasiswa UNUSA khususnya mahasiswa kesehatan masyarakat dapat lolos lebih banyak lagi proposal PKM di tahun 2021. (dwi/sar humas)

Spread the love