Surabaya – Dosen Sistem Informasi, Fakultas Teknik (FT) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) Firman Yudianto memberitahukan cara membuat website.

Firman menjelaskan fungsi website sebagai fondasi untuk bisnis, portofolio, aplikasi dan berbagai proyek online lainnya. Karena itulah, sangat penting bagi anda, bahkan siapa pun, untuk membuat rencana yang matang serta mempelajari berbagai opsi pembuatan website yang tersedia.

“Fungsi website ini cukup banyak, jadi bukan hanya perusahaan tapi beberapa instansi juga saat ini membutuhkan website,” ucap Firman, Minggu (11/10).

Firman menjelaskan memberikan tutorial membuat website sendiri dengan menggunakan Sistem manajemen konten (CMS), Script e-commerce, Website builder. Sebelum kita akan membuat website dengan praktis, harus dapat menentukan terlebih dahulu topik atau tema seperti menentukan ide website, register nama domain, pilih web hosting, cara Membuat website dan pilih platform, buat rencana untuk mengembangkan website.

BuatRencanaUntukMengembangkan Website.

A . Menentukan Ide Website

Menentukan ide dan topik adalah hal paling pertama yang harus Anda lakukan sebelum membuat dan mengonlinekan website. Browsing di internet dan Anda bisa menemukan puluhan hingga ratusan ide di sana. Dengan eksekusi yang tepat, ide dan topik website bisa berpotensi menghasilkan banyak uang.

Mulailah dengan menentukan tujuan dan kegunaan website. Berikut beberapa tipe website yang paling banyak dibuat orang:

Website e-commerce. Toko online adalah salah satu jenis situs yang paling banyak dikunjungi saat ini. Dengan semakin populernya metode drop shipping, semua orang memilikikesempatan yang sama untuk membangun bisnis online, yang tentunya bisa dijadikan peluang usaha utama atau sampingan.

Di situs e-commerce, Anda diperbolehkan menjual berbagai barang, baik  digital maupun fisik, ke sejumlah audiens di seluruh dunia (metode yang sayangnya, tidak bisa dilakukan oleh toko fisik).

Blog. Sebagian besar blogger mengawali perjalanan online mereka dari nol. Mereka pasti pernah mengetikkan kata kunci cara membuat blog di mesin pencari. Blog dapat mencakup berbagai jenis topik, misalnya untuk kegiatan bisnis (afiliasi, review, niche blog) atau yang mengulas tentang hobi dan aktivitas (traveling, makanan, musik, dan buku).

Website edukasi. Punya hobi atau kemampuan di bidang tertentu? Kenapa tidak mencoba untuk membuat kursus online atau website yang menawarkan layanan keanggotaan? Dengan adanya website ini, Anda bisa membagikan informasi sekaligus mengasah keahlian di bidang tersebut.

Website berita. Di era yang hamper semuanya serba online ini, membuat situs berita semakin mudah. Setiap hari orang-orang mencari informasi melalui berbagai sumber. Jika Anda suka berbagi kisah yang menarik, membuat situs berita online layak untuk dicoba. Penyampaian informasi dan pesan pun menjadi lebih mudah.

Komunitas online. Jumlah komunitas online yang setiap saat semakin meningkat seolah-olah memberitanda bahwa sekaranglah waktunya untuk membuat dan mengelola komunitas di internet. Semakin cepat Anda mendirikan komunitas online, semakin banyak jumlah audiens yang terkumpul.

Portofolio agar keberadaan Anda di dunia internet semakin dilirik, janganlah ragu untuk menunjukkan kemampuan dan kelebihan yang dimiliki. Buatlah situs portofolio dan coba peruntungan Anda dalam memperoleh panggilan kerja dan wawancara, mengikuti lomba atau kompetisi dan tawaran bisnis.

B. Register Domain.

Berikut lima langkah untuk membuat nama domain:

Lakukan brainstorming pada nama-nama website yang berpotensi.

Gunakan tool cek domain.

Ketika tahu masukkan nama domain yang diinginkan di tool pencari.

Pilih nama domain terbaik.

Selesaikan order dan segera registrasikan domain yang dibeli.

C . Pilih Web Hosting

Langkah selanjutnya di cara bikin website adalah pilih hosting yang andal dan tepercaya. Ada berbagai pilihan web hosting, tapi carilah yang sesuai dengan kebutuhan proyek online Anda. Di Hostinger, kami punya 3 layanan hosting yang bisa digunakan untuk membuat semua jenis website.

Cara Memilih Website dan Membuat Platform.

Perencanaan yang matang akan memengaruhi proses dan cara membuat situs web. Bahkan ide dan topik yang telah dirancang sebelumnya juga ikut menentukan seperti apa website Anda nantinya.

Berikut empat tool yang sering digunakan untuk bikin situs web:

Sistem Manajemen Konten. Pilihan terbaik untuk blog dan website yang mempublikasikan berbagai artikel/konten. WordPress, Joomla dan Drupal adalah tiga contoh CMS.

Script e–commerce. Software ini digunakan apabila Anda hendak membuat toko online. PrestaShop, Magento, dan WooCommerce adalah contoh dari script e-commerce.

Website builder. Cara membuat website untuk pemula adalah dengan tool builder. Anda tidak perlu menguasai bahasa pemrograman terlebih dulu. Manfaatkan interface drag-and-drop yang telah dilengkapi dengan berbagai fitur.

Self-coded website. Jika Anda paham tentang pengembangan web, membuat self-coded site bukanhal yang sulit. Meskipun dalam proses pembuatannya memakan usaha dan waktu yang lama, Anda bisa menjalankan fitur apa pun yang penting bagi pengembangan website.

5 .Buat Rencana Untuk Mengembangkan Website.

Beberapahal yang sebaiknya diperhatikan:

Sadari passion. Jika Anda mengerjakan sesuatu dengan sepenuh hati, hasil yang diperoleh pun akan maksimal. Selain itu, kesempatan untuk sukses di masa depan juga akan terbuka lebar. Misalnya, Anda suka membaca, membuat sebuah blog untuk mengulas buku apa saja yang sudah dan sedang dibaca adalah langkah awal yang baik menuju keberhasilan.

Mengevaluasi market. Melihat dan mengetahui apa saja yang sering dicari orang di internet bisa memberikan gambaran umum mengenai konten/produk yang sebaiknya dimiliki dan dikembangkan. Gunakan tool seperti Google Trends, KWFinder dan Answer The Public untuk melihat istilah pencarian dan pertanyaan yang terkait dengan niche.

Cari tahu siapa kompetitor di niche Anda. Tahukah Anda kalau saingan atau competitor bisa menjadi sumber inspirasi terbesar, terlebih lagi jika kompetitornya memiliki nama di bidang tersebut? Dari mereka, Anda bisa mendapatkan ide akan seperti apa website Anda jika dikelola dan dikembangkan. Di samping itu, sebagian besar competitor menawarkan program afiliasi. Anda bisa bergabung di program ini untuk mendapatkan penghasilan online dengan mengarahkan pengunjung situs ke platform mereka.

Lakukan brainstorming terhadap ide-ide unik. Catat semua ide yang terlintas di benak Anda. Membuat rencana yang sempurna dan matang membutuhkan dedikasi dan waktu yang tak sebentar. Jadi, perhatikanlah langkah-langkahnya dengan saksama, sekecil apapun.

Demikian cara untuk membuat website yang lebih praktis, cepat dan semua itu bisa kita lakukan sendiri di rumah dengan koneksi internet di masa pandemi. (sar humas)

Spread the love