Peringati Hari Air Sedunia, Hima IKM Bersih-Bersih Hutan Mangrove Wonorejo

Surabaya – Peringati hari air sedunia yang akan jatuh pada tanggal 22 Maret, Himpunan Mahasiswa (Hima) Program Studi S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya menggelar acara bersih-bersih hutan Mangrove Wonorejo, Minggu (15/3). Ini dilakukan untuk mengurangi sampah plastik yang ada di wilayah Hutan mangrove Wonorejo.

Ketua pelaksana, Fatma Ryalda Samputri menjelaskan jika acara ini sebagai bentuk kepedulian Hima IKM kepada kualitas air di dunia. Banyaknya sampah membuat kualitas air akan menurun. “Selain itu bahan kimia yang terkandung dalam plastik membuat kondisi air akan semakin tidak baik untuk dikonsumsi,” beber Fatma, Minggu (15/3).

Dalam acara ini, mahasiswa IKM turut membersihkan mulai dari depan gerbang hutan mangrove wonorejo hingga joging track. “Kami melihat masih banyak sampah plastik yang ada di wilayah itu yang membuat kami langsung membersihkan lingkungan tersebut,” jelas Fatma.

Selain itu, puluhan mahasiswa Hima IKM juga melakukan sosialisasi kondisi air di muka bumi. “Kami mengedukasi masyarakat, jangan membuang sampah sembarangan untuk menjaga kualitas air agar tetap bersih,” katanya.

Bersih-bersih hutan mangrove ini, akan terus dilakukan mahasiswa IKM Unusa untuk menjaga kesehatan dari masyarakat kota Surabaya. “Ini agar masyarakat juga peduli dengan kualitas air di dunia, dengan cara tidak membuang sampah sembarang dan menjaga kebersihan lingkungan,” ucapnya. (sar/rud humas)