Yel Kemenangan hingga Trik Jitu Tarik-Tambang Doktor Unusa

`Surabaya – “Bukan satu kali kami jadi juara,

Bukan satu kali kami bikin patah hati,

Kalo terus begini relakan kami juara.

Di depan mata lagaknya teman biasa,

Tapi di arena kamu pasti terpedaya,

Aduuuh maaf, memang nasib kita tak sama!!!

 

Kamu sepuluh kami sebelas,

Kami juara memang pantas,

Kamu sebelas kami dua belas,

Mohon maaf hadiahnya kami libaaas!!!”

Seperti itulah kalimat yel-yel penyemangat meraih kemenangan yang diteriakan sekitar 40 peserta dari tim Fakultas Keperawatan dan Kebidananan (FKK) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa). Suara lantang mereka seirama dengan gerakan tari yang kompak dalam balutan seragam menyolok. Kaos merah menyala, dipadu training hitam berhias gantungan rangkaian bunga dan buah.

Atraksi heboh tim FKK pun disambut tepuk-tangan riuh seluruh sivitas akademika Unusa. Aksi mereka membuka kegiatan lomba 17 Agustusan yang digelar di halaman parkir gedung Tower Unusa, Kampus B, Jemursari, Surabaya, pada Jumat (23/8).

“Seluruh dosen dan karyawan FKK terlibat dalam persiapan lomba. Kamis malam kami bicarakan teknis, jumat pagi kami diskusikan kembali sekaligus latihan. Semuanya serba spontanitas. Alhamdulillah dengan waktu yang terbatas, kita ternyata bisa kompak menampilkan yang terbaik guna memeriahkan acara ini,” kata Ika Mardiyanti SST MKes, koreografer yel-yel FKK.

Menurut Ika, FKK selalu tampil all out untuk menampilkan yang terbaik pada setiap event yang diikuti. Tampil total di setiap event tampaknya membuat FKK langganan jadi juara. Terakhir mereka juara saat gathering Unusa di Batu Malang.  “Menang atau kalah tidak masalah. Yang penting kami memeriahkan acara dan bisa menghibur semua yang hadir,” imbuhnya sembari tertawa.

Pada lomba 17 Agustusan kali ini, semua ikut terlibat dalam lomba yel. Mulai pembuatan teks lagu, musik pengiring, desainer baju, koreografer, hingga aksesoris. Hasilnya yel FKK yang terinspirasi lagu Nella Kharisma pun berhasil menyabet juara pertama.

Tak kalah persiapan dibanding lomba yel-yel, tim putri Fakultas Kesehatan (FKes) sukses memenangkan lomba Tarik Ulur Hubungan Perempuan, sebutan unik buat lomba tarik-tambang. Ternyata ada trik khusus agar menang dari Maharani Pertiwi Koentjoro SSi MBiotech PhD, ketua tim tarik-tambang perempuan FKes.

“Dalam lomba tarik tambang, jangan memperhatikan aba-aba wasit tapi perhatikan kakinya. Begitu kaki wasit terangkat, langsung tarik tambang sekuat tenaga. Begitu pula posisi peserta, yang paling gede dan kuat di depan dan belakang, yang sedang di tengah,” kata Maharani.

Meski sehari-hari berkutat di laboratorium mikro biologi, dosen analis ini ternyata jago  tarik-tambang. Dan trik khususnya sering membuat timnya jadi juara. “Wah kalau lomba tarik-tambang sudah sering jadi juara. Apalagi badan segede ini, nanggung deh kalau gak juara,” katanya sembari tertawa yang diiyakan seluruh peserta tim tarik tambang FKes. Tubuh mereka rata-rata memang lumayan atletis.

Semaraknya kegiatan lomba 17 Agustusan Unusa tak lepas dari kreativitas panitia Dies Natalis. Lihat saja judul delapan lomba yang digelar. Tarik Ulur Hubungan untuk lomba tarik-tambang. Move On Lagi untuk lomba kelereng. Berebut Kursi Kekuasaan, Lapar Membawa Nikmat (lomba makan biskuit dari dahi), Mengumpulkan Butiran Kenangan (lomba estafet tepung),  Kejar Daku Kau Kutangkap (Gobak sodor), Nyantet Berjamaah (memasukkan paku ke dalam botol), Kupegang Erat-Erat (memindahkan sarung tanpa boleh lepas dari tangan), serta  Wajahmu Mengalihkan Duniaku (make up dengan mata tertutup).

“Judul lomba kami bikin seheboh mungkin agar peserta jadi penasaran ingin ikut. Jangankan  peserta, panitia yang bikin lomba juga sering senyum-senyum sendiri kalau menyebut nama lombanya,” kata Nur Masruroh, SST., M.Keb, panitia dies natalis.

Dari delapan yang dilombakan, hanya lima lomba yang bisa dilaksanakan karena keterbatasan waktu. Toh, tidak mengurangi semangat para peserta lomba untuk meraih hadiah yang sudah disediakan panitia.

Berikut para juara lomba 17 Agustusan sivitas akademika Unusa:

Tarik ulur hubungan (lak)i: 1.Fkk 2.Feb

Tarik ulur hubungan (perempuan): 1.Fkes 2.Direktorat

Move On Lagi, Move On Lagi: 1.Fkk 2.Fk 3.Direktorat

Mengumpulkan Butiran Kenangan: 1.Fkk 2.Fkes 3.Fkip

Berebut Kursi Kekuasaan (laki):1. Fkk 2. Fkes 3. Fkes

Berebut kursi Kekuasaan (perempuan): 1. Fk 2. Fkes 3. Fkk

Lapar Membawa Nikmat : 1.Direktorat 2.Fkk 3.Fkip

Yel Yel: 1.Fkk 2.Fkes 3.Fkip 3. Fk (hap/Humas Unusa)