Unusa Masuk 100 PTN-PTS Peserta Pimnas Ke-37

Surabaya Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) kembali mencatatkan prestasi gemilang di dunia pendidikan tinggi nasional dengan menjadi salah satu dari 100 perguruan tinggi negeri (PTN) dan swasta (PTS) yang meloloskan mahasiswanya dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-37. Acara yang digelar di Universitas Airlangga Surabaya Senin (14/10) ini menjadi panggung bagi para mahasiswa terbaik se-Indonesia untuk beradu inovasi dan kreativitas di bidang ilmiah.

Pimnas merupakan ajang kompetisi paling bergengsi di kalangan mahasiswa Indonesia yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Ajang tahunan ini dirancang untuk mendorong mahasiswa melakukan penelitian, inovasi, dan pengabdian masyarakat yang dapat memberikan dampak nyata bagi bangsa.

Keterlibatan Unusa dalam Pimnas bukanlah hal baru. Tiap tahun, Unusa selalu berhasil menempatkan diri sebagai salah satu peserta dari sekitar 100 perguruan tinggi yang terpilih untuk mengikuti kompetisi ini. Capaian ini membuktikan bahwa Unusa telah konsisten dalam membina mahasiswanya untuk berprestasi di bidang akademik dan penelitian.

Tahun ini, Unusa meloloskan satu tim mahasiswa Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Dari ribuan proposal yang diajukan oleh mahasiswa dari seluruh Indonesia, hanya sebagian kecil yang berhasil mendapatkan tiket untuk tampil di ajang final.

Tahun ini mahasiswa Unusa mengusung inovasi di bidang kesehatan, berjudul “LA Spray Lavender untuk Terapi Kecemasan”, yang diharapkan dapat memberikan solusi konkret bagi orang yang mengalami kecemasan.

Rektor Unusa, Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie, M.Eng, memberikan dukungan penuh kepada tim mahasiswa yang akan berlaga di Pimnas. Ia menyampaikan rasa bangga dan optimisme terhadap capaian mahasiswa Unusa yang berhasil lolos ke tahap ini. “Unusa selalu berkomitmen untuk mendorong mahasiswanya dalam menciptakan karya-karya inovatif yang tidak hanya relevan secara akademik, tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat. Kami berharap, melalui ajang Pimnas ini, mahasiswa Unusa dapat menambah pengalaman, memperluas wawasan, serta membawa pulang prestasi yang membanggakan,”katanya.

Ketua tim PKM Unusa yang akan berangkat ke Pimnas, Diyani Shafira Brylyani mengungkapkan rasa antusiasmenya dalam mengikuti Pimnas. “Ini adalah kesempatan besar bagi kami untuk menunjukkan kemampuan kami di tingkat nasional. Kami berharap bisa membawa nama baik Unusa dan memberikan solusi yang bermanfaat bagi masyarakat melalui inovasi yang kami usung,” ujar Diyani mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) angkatan 2021 ini. (Humas Unusa)

Kalender Akademik


This will close in 20 seconds