Internship ke Jepang: Peluang Mengembangkan Diri

Surabaya – Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (LPKS Unusa) sukses menggelar seminar bertajuk “Internship ke Jepang: Sebuah Peluang Untuk Mengembangkan Diri”. Kegiatan ini diinisiasi oleh Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) Unusa dan bekerjasama dengan UCC, Genus dan YOU-I Japan. 

Berlangsung di Auditorium Tower Kampus B Unusa, Senin (27/5), kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai peluang berkarir di Jepang kepada para mahasiswa.

Seminar ini menghadirkan Mr. Kazuo Yamada selaku CEO YOU-I Japan. Ia memberikan wawasan mengenai kebutuhan industri di Jepang dan kompetensi yang dicari oleh perusahaan-perusahaan Jepang.

“Kami mencari individu yang tidak hanya memiliki keahlian teknis tetapi juga mampu beradaptasi dengan cepat dan memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik,” ujarnya.

Mr. Kazuo turut memaparkan mengenai persyaratan dan prosedur untuk mengikuti program internship di Jepang, serta keuntungan yang bisa didapatkan. “Jepang menawarkan banyak peluang bagi para mahasiswa internasional. Program internship ini tidak hanya memberikan pengalaman kerja yang berharga tetapi juga kesempatan untuk memahami budaya dan etos kerja Jepang yang terkenal disiplin dan inovatif,” ujarnya.

Rektor Unusa, Prof. Ir. Dr. Achmad Jazidie, M.Eng., menekankan pentingnya mempersiapkan diri dalam menghadapi persaingan global. Adanya kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Unusa untuk mendukung dan mendorong para mahasiswa yang ingin berkarir ke luar negeri.

“Internship ke Jepang merupakan kesempatan emas bagi mahasiswa untuk mengembangkan kompetensi, memperluas wawasan, dan membangun jaringan internasional,” ucapnya dalam sambutan yang disampaikan.

Dalam kegiatan ini juga diadakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Unusa dengan YOU-I Japan, yang menandai awal dari kerjasama strategis dalam bidang pendidikan dan pelatihan kerja. MoU ini bertujuan untuk membuka lebih banyak peluang bagi mahasiswa Unusa untuk mengikuti program internship dan pelatihan kerja di Jepang, memperkuat jaringan internasional, serta meningkatkan kompetensi global para lulusan Unusa.

Seminar ini diikuti dengan sesi tanya jawab yang interaktif, di mana para mahasiswa Unusa antusias menanyakan berbagai hal terkait internship ke Jepang. Mulai dari bagaimana cara mendaftar, persyaratan yang harus dipenuhi, sehingga tips agar bisa sukses selama menjalani program internship tersebut.

Dengan diadakannya seminar ini, LPKS Unusa berharap dapat memotivasi mahasiswa untuk mengejar peluang karir internasional dan mempersiapkan diri sebaik mungkin. (Humas Unusa)

Kalender Akademik


This will close in 20 seconds