Ajak Anak Masak Makanan Kesukaan

Endah Tri Wahyuningtyas, SE., M.A.

Surabaya – Weekend menjadi salah satu saat yang ditunggu oleh Dosen Akuntansi Endah Tri Wahyuningtyas, SE., M.A. untuk mengajak sang buah hati masak bersama sebagai upaya mendekatkan diri.

Kesibukan mengajar sambil menempuh pendidikan doktoral membuat Endah jarang memiliki waktu untuk berkumpul bersama anak, sehingga akhir pekan menjadi salah satu hari yang ditunggu ketiga buah hatinya untuk dekat bersama dirinya.

“Biasanya kita jalan-jalan, tapi jika tidak, saya memilih memasak dengan ketiga anak dengan membuat makanan ringan seperti spageti hingga puding buah yang merupakan makanan kesukaan ketiga anak saya,” jelasnya, Senin (14/6).

Biasanya, saat masuk akhir pekan, ketiga anaknya sudah mulai mengajak dirinya ke pasar untuk membeli kebutuhan untuk memasak. “Mereka selalu antusias jika sudah masuk sabtu atau minggu, biasanya dari pagi sudah menanyakan mau masak apa hari itu dan segera buru-buru ke pasar,” ucap Endah.

Wanita kelahiran Surabaya, 2 Mei 1981 ini menceritakan selama masak bersama, ketiga anaknya bisa bercerita banyak hal. “Jadi di sini kami bisa bicara banyak hal untuk mendekatkan diri saya dengan ketiganya,” bebernya.

Dengan rutinitas ini, ketiga anaknya tidak pernah bosan untuk memasak makanan ringan yang disukai. “Saya selalu memberikan opsi mau masak dan makan apa, anak-anak akan milih kadang juga anak yang request,” terang Endah.

Dengan aktivitas ini, Endah berharap bisa semakin dekat dengan ketiga anaknya di tengah kesibukan sebagai mahasiswa doktoral serta dosen akuntansi.

“Setidaknya setiap akhir pekan kami bikin quality time dengan ketiga anak saya yang berangsur-angsur sudah besar. Anak pertama saya sudah SMP, anak kedua SD, dan anak ketiga masih berusia 3 tahun. Cara ini semakin mendekatkan saya dengan anak-anak,” terangnya. (sar humas)