Delapan Langkah Agar Siswa Senang Belajar Matematika

Surabaya – Pelajaran Matematika menjadi salah satu momok bagi anak, lantaran pembelajarannya membosankan dan dianggap sulit.

Dosen Matematika Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Sri Hartatik, S.Si., M.Pd. memiliki cara agar anak gemar dengan pelajaran Matematika.

Menurut Sri Hartatik, banyak anak yang tidak suka dengan matematika karena memang menjadi mata pelajaran yang susah untuk dikerjakan. Sementara secara tidak langsung matematika sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. “Jadi banyak anak tidak suka untuk berhitung karena kesulitan untuk hitung-hitungan,” ungkapnya, Rabu (26/5).

Wanita yang akrab disapa Tatik memiliki tips agar anak senang dengan pelajaran Matematika. Langkah pertama dengan memberikan motivasi serta pemahaman bahwa matematika itu menyenangkan dan mudah. “Dengan memberikan motivasi ini membuat anak perlahan mulai menyukai pelajaran matematika,” terang Tatik.

Langkah kedua, menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan. Langkah ketiga, dengan memberikan penjelasan yang sederhana dan mudah dipahami.

Langkah keempat menggunakan metode, media dan strategi pembelajaran yang menyenangkan seperti metode permainan matematika, teka teki matematika, dan cerita cerita matematika yang menarik, menantang dan tidak kaku.

Langkah kelima, melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran. Sedangkan, langkah keenam dengan memadukan matematika dengan dunia nyata.

Langkah ketujuh dengan memberikan sedikit candaan dan humor sehingga suasana pembelajaran lebih santai. Langkah kedelapan, sering melakukan evaluasi terhadap cara mengajar guru.

Dengan cara ini, maka anak mulai senang dengan pelajaran matematika. “Harus diterapkan untuk mengajarkan ke anak agar senang Matematika,” ucap Tatik. (sar humas)