BEM FK dan IKA Mahasiswa Kedokteran Unusa salurkan hasil donasi keempat rumah sakit

Surabaya – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran bersama Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Mahasiswa Kedokteran Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) mendonasikan sekitar Rp 46,5 juta untuk dibelanjakan masker, vitamin C, hazman atau alat pelindung diri (APD), Faceshild, Handscon, Hand sanitazer hingga disinfektan. Hasil donasi ini disumbangkan ke Rumah Sakit Islam (RSI) Jemursari, RSI Ahmad Yani, RS Prima Husada dan Puskesmas Jagir.

Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Unusa, Dr. dr. Handayani, MKes menjelaskan hasil donasi disalurkan terlebih dahulu sekitar Rp 40,2 juta dengan dibelikan beberapa kebutuhan rumah sakit untuk menangani virus corona. Sampai saat ini, BEM FK serta IKA Mahasiswa Kedokteran Unusa masih membuka donasi bantuan.

“Ini kami buka karena memang banyak donasi yang terus masuk sampai saat ini, jadi penyaluran bantuan ini untuk tahap pertama agar lebih memudahkan petugas medis dalam nangani wabah virus corona ini,” ucap  Dr. dr. Handayani, MKes, Rabu (8/4).

Penyerahan bantuan hasil penggalangan dana yang dilakukan BEM Fakultas Kedokteran dan IKA Mahasiswa Kedokteran Unusa

Dengan pemberian bantuan ini, BEM FK maupun IKA Mahasiswa Kedokteran Unusa sangat berharap kesehatan dan keselamatan dari tenaga medis yang saat ini tengah berjuang dapat aman. “Dari ini membuat kami tergugah untuk membuka donasi ini untuk sama sama membantu rekan-rekan tenaga medis yang berjuang ditengah virus corona ini,” jelas dr Handayani.

Bantuan itu diberikan keempat rumah sakit antara lain Rumah Sakit Islam (RSI) Jemursari, RSI Ahmad Yani, RS Prima Husada dan Puskesmas Jagir. Ini dilakukan untuk petugas medis dapat fokus untuk menangani virus corona. “Bantuan ini muncul karena kurangnya beberapa hal alat medis seperti APD, masker serta handscon dengan bantuan ini dapat meringankan beban dokter dan rumah sakit untuk memenuhi kebuttuhan perlindungan diri bagi tenaga medis,” jelasnya.

Hasil donasi yang terkumpul dibelikan beberapa kebututuhan medis yang dibutuhkan rumah sakit untuk tangani virus corona

Ketua panitia gerakan galang dana putus rantai Covid-19, Achmad Hilman Fahmy menjelaskan jika keputusan tetap membuka donasi lantaran wabah virus corona ini juga masih berlangsung. “Ini agar wabah ini segera teratasi terlebih untuk mengobati pasien yang terkena virus corona,” bebernya.

Donasi ini dapat dikirimkan melalui OVO dan juga transfer di bank BRI dengan nomor rekening 1723 0100 3194 504 atas nama Davin Rachma Aziza. “Jika sudah dikirim kami minta konfirmasi ke Davin Rachma Aziza di nomor telpon 082336099353,” beber Fahmy. (sar humas)