Saling Berkolaborasi, Unusa dan UMK Bahas Transformasi Ritel Melalui POS

Kelantan, Malaysia – Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) kembali menunjukkan komitmennya dalam pengembangan ritel di Indonesia. Kali ini, Unusa menjalin kolaborasi dengan Universiti Malaysia Kelantan (UMK) dalam sebuah program pengabdian masyarakat internasional, mempertemukan mahasiswa dan dosen dari kedua institusi untuk sesi berbagi pengetahuan.

Seminar ini berfokus pada pembelajaran dan berbagi solusi transformasi ritel dengan menyoroti peran strategis teknologi dalam mengoptimalkan kebermanfaatan untuk UMKM. Ini juga merupakan bagian dari Global Entrepreneurship and Business Seminar Series (GEBSS) 2024, sebuah upaya berkelanjutan untuk memperkuat kemitraan internasional di bidang akademik dan bisnis. 

Fokus utama dari kolaborasi ini adalah pada inovasi sistem titik penjualan (POS) lokal, KasirBosQ. Dosen Unusa, Rizqi Putri Nourma B, menerangkan bahwa sebuah sistem titik penjualan (POS) yang dikembangkan di Indonesia, dirancang untuk menyederhanakan manajemen keuangan dan mengoptimalkan operasional ritel.

Melalui berbagi sharing keilmuan ini, diharapkan kedepannya bisa kolaborasi riset untuk pengembangan lanjut yang dapat memberikan manfaat bagi peritel sehingga dapat menyederhanakan pelacakan penjualan, mengelola inventaris, dan menangani berbagai metode pembayaran secara efisien, sehingga memberikan wawasan berbasis data kepada bisnis.

Menurut salah satu dosen UMK yang berpartisipasi, “Seminar ini memberikan wawasan berharga tentang bagaimana teknologi seperti KasirBosQ yang masih sederhana untuk ditingkatkan lagi agar dapat mendorong efisiensi operasional. Ini sangat selaras dengan fokus universitas kami pada kewirausahaan (entrepreneurship) dan inovasi.”

Kolaborasi antara Unusa dan UMK ini diharapkan dapat mendorong pengembangan inovasi teknologi di bidang ritel, serta memperkuat hubungan akademik antara kedua institusi.

Baik mahasiswa maupun dosen di UMK menyambut antusias, mencatat bahwa seminar ini tidak hanya memperluas pemahaman mereka tentang sistem POS, tetapi juga menyoroti kebutuhan bagi bisnis ritel untuk beradaptasi dengan ekonomi digital yang terus berkembang. Kolaborasi antara Unusa dan UMK ini diharapkan dapat mendorong pengembangan inovasi teknologi di bidang ritel, serta memperkuat hubungan akademik antara kedua institusi.

Inisiatif ini menjadi bukti bahwa kemitraan akademik dapat mendorong kemajuan teknologi dan memberikan solusi praktis bagi industri. (***)

Kalender Akademik


This will close in 20 seconds