S1 Gizi Edukasi Keamanan Pangan dan Kantin Sehat Libatkan Siswa dan Pengelola Kantin

Bangkalan – Program Studi S1 Gizi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap kesehatan masyarakat melalui kegiatan pengabdian masyarakat. Kali ini, tim dosen dan mahasiswa Program Studi Gizi Unusa bekerja sama dengan siswa dan pengelola kantin SMPN 1 Bangkalan dalam rangka memberikan edukasi mengenai keamanan pangan dan penerapan kantin sehat.

Viera Nu’riza Pratiwi, S.TP., M.Sc., selaku Dosen Program Studi S1 Gizi Unusa sekaligus Ketua Tim Pengabdian Masyarakat menyampaikan bahwa selain siswa, kegiatan ini juga melibatkan pengelola kantin guna menguatkan literasi terkait keamanan pangan dan penyelenggaraan kantin sehat di sekolah.

“Peningkatan literasi keamanan pangan di kalangan siswa sangat penting dalam mendukung kesehatan mereka, terutama di usia remaja. Tidak hanya siswa sebagai konsumen makanan, tetapi juga pengelola kantin perlu memiliki pemahaman yang baik tentang keamanan pangan, mengingat peran mereka sebagai penyedia makanan di sekolah. Faktor-faktor seperti kebersihan peralatan, jenis makanan yang dijual, serta lingkungan kantin yang higienis sangat mempengaruhi persepsi siswa dalam memilih makanan yang aman dan sehat,” tukasnya.

Melalui edukasi ini, para siswa diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang turut berperan aktif dalam memastikan makanan yang dikonsumsi aman dan higienis.

Selain memberikan edukasi, tim dari Unusa juga melakukan evaluasi terhadap pengelolaan kantin di SMPN 1 Bangkalan. Mereka memberikan rekomendasi perbaikan terkait penyimpanan bahan pangan, proses pengolahan makanan, hingga cara penyajian yang higienis.

Upaya untuk meningkatkan literasi keamanan pangan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan siswa di SMP Negeri 1 Bangkalan, serta menjadi model bagi sekolah-sekolah lain dalam menerapkan program edukasi serupa. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang keamanan pangan, diharapkan siswa dapat lebih selektif dalam memilih makanan yang dikonsumsi, dan pengelola kantin dapat lebih bertanggung jawab dalam menyediakan makanan yang aman dan sehat. (***)

Kalender Akademik


This will close in 20 seconds