Dosen Manajemen Unusa Lakukan Pendampingan Pengelolaan Anggaran Rumah Tangga

Malang – Tim dosen program studi Manajemen Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) berkesempatan melakukan community service pada beberapa bulan lalu. Dengan mengusung tema pengelolaan anggaran rumah tangga kepada para ibu-ibu majelis taklim Sabilillah di Sukun, Malang, program ini dilaksanakan dengan metode Service Learning (SL)

Metode SL merupakan pemberdayaan masyarakat yang mengintegrasikan kegiatan akademik di kampus yang diimplementasikan di masyarakat agar mahasiswa dan dosen dapat mengimplementasikan kompetensi yang diperolehnya dari mata kuliah yang dipelajarinya di masyarakat.

Dosen Ketua Pengabdian Masyarakat, Firly Irhamni, S.IP. MM., mengatakan, “Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para Perempuan yang tergabung pada kelompok pengajian di wilayah pinggir, yaitu pengelolaan keuangan keluarga berdasarkan prinsip Syariah.”

Pengabdian masyarakat yang dikemas dalam bentuk sosialisasi ini, diharapkan dapat membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola anggaran dan kesejahteraan keluarga dengan menggunakan prinsip Islam dan mewujudkan keluarga rukun penuh cinta kasih dan keberkahan.

“Pokok-pokok bahasan mengenai pengelolaan keuangan keluarga berbasis syariah bertujuan agar partisipan yang juga kebanyakan ibu rumah tangga dapat memahami pengelolaan keuangan, berapa persen yang harus disisihkan untuk sosial, dana darurat, biaya hidup, tabungan, dan gaya hidup sesuai dengan prinsip Maqashid syariah, yaitu memenuhi kebutuhan dasar (dharuriyat), meningkatkan kesejahteraan (tahsiniyat), dan kenyamanan yang diinginkan (hajiyyat),” jelas Firly. (***)

Kalender Akademik


This will close in 20 seconds