Gagal UTBK Tak Perlu Kecewa, Unusa Tawarkan Beasiswa Khusus Ini

Hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2024 telah diumumkan pada 13 Juni lalu. Tak sedikit calon mahasiswa yang harus menelan kekecewaan karena gagal lulus UTBK.

Gagal UTBK bukan akhir dunia. Mendaftar ke Perguruan Tinggi Swasta (PTS) bisa menjadi pilihan. Kampus Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) misalnya. Apalagi kampus ini memiliki program promo khusus bagi mereka yang gagal lolos UTBK.

“Alhamdulillah kami menerbitkan promo (UTBK). Ini sudah kami rencanakan jauh-jauh hari. Pengumuman UTBK itu kan tanggal 13 Juni ya, nah di tanggal itu juga kami mengaktifkan promo tersebut,” ujar Drajad Uji Cahyono, S. Kom, Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unusa, kepada Basra, Kamis (20/6).

Drajad melanjutkan, promo UTBK diberikan secara khusus kepada mereka yang gagal lolos UTBK SNBT 2024.

Promo UTBK ini berupa biaya beasiswa potongan Dana Pengembangan Pendidikan (DPP) dan Dana Operasional Pendidikan (DOP).

“Untuk potongan DPP maksimal sesuai platform masing-masing prodi, ini kisarannya variatif ada yang sampai 100 persen, ditambah juga cashback sebesar Rp 1 juta. Untuk potongan DPP nya sebesar 5 persen bagi calon mahasiswa yang sudah dinyatakan diterima dan melunasi pembayaran,” terang Drajad.

Drajad mengungkapkan, adanya promo UTBK ini menjadi kepedulian Unusa untuk meringankan beban kuliah bagi para mahasiswa baru.

“Banyak asumsi di masyarakat bahwa kuliah di kampus swasta itu mahal, padahal ada banyak beasiswa yang dapat dimanfaatkan untuk bisa kuliah di kampus swasta,” tukas Drajad.

Drajad juga menegaskan jika prodi-prodi yang ada di Unusa tak kalah dengan dengan di PTN. Ini bisa dilihat dari akreditasi dari prodi-prodi tersebut.

“Akreditasi sudah sama-sama unggul, artinya tidak ada beda dengan prodi di kampus negeri,” imbuhnya.

Ada pun syarat untuk bisa mendapatkan promo UTBK ini, yakni hanya menunjukkan kartu peserta UTBK SNBT 2024.

Untuk informasi lebih lanjut terkait promo PMB dapat diakses melalui website Unusa, https://unusa.ac.id, email pmb@unusa.ac.id, dan nomor WhatsApp 0811350777.