Japan Corner Unusa Gelar Kegiatan Belajar Memakai Yukata dan Memasak Nabe

Surabaya – Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) memiliki berbagai fasilitas untuk menunjang aktivitas mahasiswanya, salah satunya adalah menghadirkan Japan Corner. Fasilitas ini dirancang sebagai ruang interaksi budaya yang memungkinkan mahasiswa untuk belajar dan memahami budaya Jepang secara langsung.

Japan Corner menyediakan berbagai kegiatan edukatif seperti pelatihan bahasa Jepang, lokakarya seni tradisional, pelatihan kuliner, hingga menjadi pusat informasi tentang kesempatan berkarir di Jepang.

Kali ini, Japan Corner menghadirkan dua kegiatan menarik yaitu belajar memakai yukata dan memasak nabe. Kegiatan berlangsung pada Jumat (24/5) siang.

Sesi pertama, peserta diajak untuk belajar memakai yukata, busana tradisional Jepang yang sering dikenakan pada musim panas dan festival. Kegiatan ini menghadirkan Sensei dari Jepang dan memberikan tutorial langkah demi langkah mengenai cara memakai yukata dengan benar, mulai dari pemilihan bahan, cara melipat, hingga teknik mengikat obi (sabuk yukata).

“Saya sangat senang bisa ikut acara ini, sekarang saya bisa memakai yukata sendiri dengan benar. Dan saya sangat senang bisa ikut kegiatan ini diajak sepupu saya,” ujar Karmel, salah satu peserta kegiatan yang berasal dari Universitas Brawijaya.

Pelatihan ini tidak hanya memberikan pengetahuan praktis, tetapi juga memaparkan sejarah dan makna filosofis di balik setiap lipatan dan simpul yukata.

Sesi kedua dari Japan Corner bulan ini adalah workshop memasak nabe, hidangan khas Jepang yang cocok dinikmati saat musim dingin. Nabe merupakan hidangan yang dimasak dalam panci besar dan disantap bersama-sama, mencerminkan semangat kebersamaan dan kehangatan keluarga. 

Direktur LPKS Unusa, Dr. Ima Nadatien, S.KM., M.Kes. mengatakan “Setiap bulan kita menggelar kegiatan yang berbeda, tujuan utamanya mengenalkan budaya ke Jepang kepada para mahasiswa sekaligus mewadahi sivitas akademika yang tertarik dengan kebudayaan negeri sakura”.

Japan Corner Unusa tidak hanya sekedar mengajarkan keterampilan praktis, tetapi juga bertujuan untuk mempererat hubungan budaya antara Indonesia dan Jepang. Melalui kegiatan ini, peserta diharapkan dapat memahami dan menghargai kekayaan budaya Jepang, serta menjalin persahabatan antar bangsa. (Humas Unusa)

Kalender Akademik


This will close in 20 seconds