Tampilkan Karya Inovatif dan Edukatif, Mahasiswa PPG Gelar Karya Kepemimpinan

Surabaya – Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2024 Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) kembali gelar pameran karya inovatif dan edukatif di Kafe Fastron Lantai 3 Tower Unusa Kampus Jemursari Surabaya, Rabu (22/05/2024).

Selain menampilkan hasil karya, acara ini juga menjadi ajang bagi mahasiswa untuk mendapatkan umpan balik konstruktif dari dosen, sesama mahasiswa, dan praktisi pendidikan yang hadir. Melalui dialog dan diskusi yang berlangsung selama pameran, para mahasiswa diharapkan dapat lebih memahami kekuatan dan kelemahan dari inovasi yang telah mereka buat, serta mendapatkan ide-ide baru untuk pengembangan lebih lanjut.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari aktivitas yang mereka lakukan ketika melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II di Sekolah Dasar. Karya-karya tersebut mencakup berbagai media pembelajaran interaktif, alat peraga, dan strategi pengajaran yang telah diuji coba selama PPL II. Setiap proyek didesain untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas, menjawab tantangan-tantangan dalam dunia pendidikan, dan memperkaya pengalaman belajar siswa.

Koordinator PPG Unusa, Dr. Nafiah, M.Pd., mengungkapkan, Proyek Kepemimpinan II (PK-II) dalam Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan merupakan salah satu komponen dari program pelatihan dan pengembangan untuk calon-calon pemimpin di sektor pendidikan di Indonesia. PK-II PPG Prajabatan dirancang khusus untuk mempersiapkan calon-calon pemimpin pendidikan, seperti kepala sekolah, untuk mengemban tugas-tugas kepemimpinan dalam dunia pendidikan.

“Program PK-II PPG Prajabatan ini mencakup berbagai materi pelatihan, studi kasus, dan pengalaman praktis yang dirancang untuk mempersiapkan calon pemimpin pendidikan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan dalam sektor pendidikan di Indonesia, yang pada gilirannya diharapkan akan berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan di negara tersebut,” ungkapnya.

Kalender Akademik


This will close in 20 seconds