Hari Tanpa Tembakau Sedunia: Padamkan Rokok, Nyalakan Kesehatan

dr Adyan Donastin Sp.P, FISR – Dosen Fakultas Kedokteran (FK)

SETIAP 1 Mei, masyarakat global memperingati “Hari Tanpa Tembakau Sedunia”. Ini adalah sebuah peringatan untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya penyakit yang ditimbulkan akibat mengonsumsi rokok.

Merokok menjadi salah satu kegiatan yang dianggap menjadi sebuah budaya oleh sebagian orang. Namun, seperti pepatah “Ada udang di balik batu”, dibalik aroma tembakau dan nikotin yang diolah sedemikian rupa agar memiliki efek menyenangkan bagi perokok, terkandung bahaya yang mematikan yang tanpa disadari oleh banyak individunya.

Merokok menjadi ancama kesehatan yang nyata bagi masyarakat global yang setiap tahunnya menghilangkan jutaan nyawa akibat penyakit yang ditimbulkan. Sebagai salah satu penyebab terbesar kematian di dunia, merokok berhubungan erat dengan banyak penyakit tidak menular (PTM), seperti kanker, penyakit jantung, stroke, gangguan pernafasan, dan lainnya.

Hari Tanpa Tembakau Sedunia : Padamkan Rokok, Nyalakan Kesehatan, Melangkah Menuju Hidup Sehat Bebas AsapDampak buruk rokok tidak hanya merusak kesehatan bagi perokok aktif saja, melainkan perokok pasif yang mengirup asap rokok di lingkungan sekitarnya.

Upaya untuk menurunkan angka perokok di Indonesia telah dilakukan oleh pemerintah dengan menaikkan harga cukai rokok dan menerapkan peraturan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) yang diharapkan dapat berjalan efektif.

Namun, masyarakat sebagai tokoh utama juga harus berperan aktif dalam mewujudkan bebas asap rokok. Pada kesempatan hari bebas asap ini, kita bisa mulai berkomitmen untuk meninggalkan rokok dengan menuju gaya hidup yang lebih sehat.

Pemberian edukasi, promosi kesehatan, dan pendidikan, kita dapat mendukung program pemerintah untuk menekan angka perokok aktif. Sehingga bukan hanya individu namun masyarakat yang meninggalkan kebiasaan merokok tidak akan mrasakan kebaikannya untuk diri sendiri melainkan akan meningkatkan kesehteraan pula bagi generasi yang akan datang.

Pada lingkungan yang bebas asap, kita akan lebih mudah melakukan aktivitas sehari-hari dan dapat membuat masa depan lebih indah sehinggan bahaya merokok tidak lagi menjadi ancaman nyata bagi kesehatan.

Tips Berhenti Berokok :

1. Konsultasi ke dokter guna mendapatkan pengobatan atau program berhenti merokok secara tepat.

2. Lakukan hobi atau aktivitas lain untuk mengalihkan sari kebiasaan merokok.

Gabung dengan komunitas berhenti merokok untuk saling support dan memotivasi satu sama lain.

3. Tetap konsisten untuk tidak mudah menyerah dan selalu semangat.

Pada peringatan hari tanpa rokok sedunia ini, kita bisa saling bergotong-royong membangun hidup yang lebih positif dengan meninggalkan kebiasaan merokok dan menciptakan kehidupan yang lebih sehat di lingkungan sekitar kita.

Jika bukan kita, siapa lagi yang melakukan.  Mari bersama-sama menciptakan masa depan cerah dengan generasi yang bebas rokok! (***)

Kalender Akademik


This will close in 20 seconds