Kuliah Sambil Bekerja Bukan Jadi Halangan Lulus 3,5 Tahun

Surabaya – Bekerja bukan halangan untuk menempuh kuliah lebih cepat. Inilah yang dibuktikan oleh Vaizal Asy’ari, mahasiswa Prodi Sistem Informasi, yang berhasil menempuh studi dalam waktu 3,5 tahun. Perinsip yang dipegangnya adalah pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan.

Mahasiswa kelahiran September 1989 tercatat satu dari tujuh mahasiswa tepat waktu yang diwisuda Unusa pada Sabtu (13/5). Meski kuliah sambi bekerja dia berhasil menyelesaikan studi dalam waktu 3,5 tahun. Vaizal mengungkapkan bahwa tidak ada halangan apapun untuk mengenyam pendidikan di bangku kuliah, entah itu alasan usia maupun alasan bekerja.

“Bagi saya pendidikan itu nomor satu. Di Unusa ini saya ambil kelas karyawan karena sambil bekerja, tapi justru itu memudahkan saya dalam berdiskusi dan berbagi pengalaman dengan teman-teman, karena kami sama-sama sambil bekerja jadi otomatis saling memahami, dan sisi positifnya juga ilmu yang kita dapat di perkuliahan bisa langsung diimplementasikan pada dunia kerja kita,” ucapnya.

Vaizal mengatakan, prodi yang dipilih memang berbeda dengan fokus bidang pekerjaan yang sedang dijalani, tetapi hal tersebut justru menjadi alasannya untuk ingin menciptakan inovasi baru.

“Alasan saya memilih memilih program studi sistem informasi bukan akuntansi, di tempa kerja saya, karena sesungguhnya saya melihat permasalahan dalam dunia kerja saya, ingin membuat sistem informasi akuntansi yang saat ini masih dilakukan secara manual, sehingga nantinya bisa langsung tersistem dan memudahkan bagi pekerja khususnya dalam bidang finance seperti saya. Hal ini yang juga menjadi latar belakang saya mengambil dalam penelitian skripsi kemarin,” jelasnya.

Vaizal Asy’ari – Mahasiswa S1 Sistem Informasi

Anak ketiga dari empat bersaudara itu mengungkapkan, kendala dalam kuliah sambil bekerja adalah manajemen waktu. Namun hal itu menjadi tantangan dalam menyelesaikan kuliah tepat waktu 3,5 tahun.

“Saya bekerja dari jam 8 pagi sampai 5 sore, kemudian saya mulai kuliah ada yang jam 4 sore dan 7 malam, sehingga manajemen waktu adalah tantangan yang harus saya hadapi. Untungnya kantor saya memahami dan sebelumnya sudah memperbolehkan saya untuk kuliah, dan untuk kuliah jam 4 sore itu hanya dilakukan seminggu sekali bahkan terkadang online,” tuturnya.

Vaizal memberikan kiat bagaimana cara menyelesaikan studi 3,5 tahun yang dilakukan sambil bekerja, diantaranya dengan sara menyusun rencana belajar dan deadline dari tiap mata kuliah, juga deadline pekerjaan serta terbuka dengan tempat kerja mengenai perizinan kuliah.

“Poin yang paling utama adalah kita paham dengan prioritas mana yang harus dilakukan terlebih dahulu. Artinya, kembali pada manajemen waktu yang baik, serta jangan lupa meminta doa dan restu orang tua supaya kita bisa lancar dan menyelesaikan studi dengan segera,” pesannya. (***)

Kalender Akademik


This will close in 20 seconds