Surabaya – Sebanyak 14 proposal dari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) lolos Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2021. Kegiatan tersebut merupakan program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek).

14 proposal yang lolos terdiri dari PKM Kewirausahaan sebanyak 7 tim, PKM Pengabdian Masyarakat ada 2 tim, PKM Riset Eksakta ada 3 tim, dan PKM Soshum ada 2 tim.

Direktur Akademik, Kemahasiswaan (Akamawa) dan Perpustakaan Unusa Umdatus Soleha, S.ST., M.Kes menjelaskan, 14 proposal yang lolos ini merupakan PKM 5 bidang. Lima bidang ini meliputi PKM Kewirausahaan, PKM Pengabdian Masyarakat, PKM Riset Eksakta, dan PKM Soshum.

“Hasil ini cukup membuat kami bangga, yang mana proposal PKM tahun ini merupakan perwakilan dari lima fakultas yang ada di Unusa,” ungkap Umdatus, Selasa (11/5).

Wanita berusia 44 tahun ini bersyukur dengan adanya perwakilan dari 5 fakultas yang lolos PKM tahun ini. “Dengan begitu semua fakultas sudah komitmen dalam merangsang mahasiswanya untuk berfikir inovatif, kreatif dan kritis,” ungkap Umdatus.

Umdatus menjelaskan, Akamawa Unusa sudah mulai menyiapkan pembekalan bagi peserta PKM yang akan melaju ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas). “Kita akan bekali peserta ini dengan pendampingan dan penilaian dari reviewer yang ada di Unusa maupun reviewer Nasional untuk kelancaran implementasi PKM yang didanai Kemdikbud Ristek,” jelasnya.

Hasil PKM tahun lalu menjadi pelajaran bagi Unusa, dengan pembekalan lebih awal, wanita kelahiran Banyuwangi, 1 Agustus 1976, Akamawa Unusa harus mempersiapkan dengan baik. “Saya bersyukur, Unusa setiap tahunnya masuk dalam Pimnas, jadi kami harus mempersiapkan dengan baik,” ucap Umdatus.

Umdatus berharap dengan lolos PKM ini, mahasiswa Unusa bisa lebih terangsang membuat proposal PKM. “Terlebih Unusa ada program seribu proposal PKM, jadi mahasiswa bisa mengasah pikiran yang kritis, inovatif dan kreatif,” ucapnya. (sar humas)

Spread the love