Surabaya – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Unusa menggelar Kursus Mahir Dasar (KMD) dari tanggal 14 hingga 20 Februari 2022 di Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka di Jl. Kertajaya Indah. Sebanyak 158 peserta dari mahasiswa ikut dalam kegiatan tersebut.
Ashimatul Wardah Al Mawaddah sebagai Ketua Dewan Racana putri menjelaskan, kegiatan ini sangat bagus untuk melatih menjadi pembina atau pengajar dalam menyampaikan ilmu kepramukaan. Selama tujuh hari peserta KMD diberikan materi dari para pemateri yang berkompeten dibidang kepramukaan.
“Pembekalan dan kursus ini dilakukan untuk pengkaderan mahasiswa Unusa terlebih yang tergabung dalam UKM Pramuka, sehingga mahasiswa bisa menjadi pembina atau bahkan pengajar pramuka,” ucap Ashimatul.
Lulusan dari prodi PGSD ini menjelaskan melalui kegiatan ini juga membangun jaringan dengan mahasiswa Unusa dari prodi lainnya. “Selain itu membangun jaringan dengan pengurus pramuka yang ada di Provinsi,” terang Ashimatul.
Acara ini dibuka langsung oleh Drs. Bambang S. W selaku Wakil Ketua Bidang Pembinaan Orang Dewasa Kwarda Pramuka Jawa Timur. Mahasiswa Unusa tampak Khidmat mengikuti serangkaian acara tersebut.
Dalam acara pembukaan itu, Bambang berharap kegiatan KMD berjalan lancar. “Serta bisa melahirkan pembina pramuka yang terbaik serta bisa memberikan manfaat bagi masyarakat,” terangnya.
Melalui kegiatan ini Bambang berharap bisa mencetak gerasi anggota pramuka yang berkompeten serta berdedikasi tinggi, sehingga peran pramuka di masyarakat akan dapat dirasakan langsung. (sar humas)

Spread the love