Surabaya – Tiga dosen Universitas Unusa dari tiga prodoi berbeda masing-masing Uke Maharani Dewi, SST.,M.Kes (Prodi S1 Kebidanan), Fauziyatun Nisa’, SST.,M.Kes (Prodi DIII Kebidanan), dan dr Aisyah, Sp. KFR (Prodi Pendidikan Dokter) melakukan sosialisasi penggunaan aplikasi linktr.ee sebagai media elektonik konseling yang diberikan kepada 40 kader Kampung ASI Kelurahan Wonokromo. Kegiatan yang dilakukan dalam bentuk pengabdian masyarakat ini dilaksanakan Bersama mahasiswa.
Uke menjelaskan, aplikasi linktr.ee merupakan aplikasi yang membantu kader Kampung Asi di Kelurahan Wonokromo untuk memberikan edukasi kepada ibu yang sedang menyusui. Dipilihnya aplikasi berbasisi teknologi informasi ini karena adanya penyebaran virus Covid-19, sehingga kader kesulitan untuk memberikan layanan konseling laktasi secara langsung, tidak memungkinkan.
“Aplikasi ini membantu kader Kampung ASI untuk bisa tetap memantau dan memberikan edukasi kepada ibu yang sedang menyusui. Aplikasi ini sudah sangat lengkap terkait dengan kebutuhkan ibu menyusui,” kata Uke.
Materi konseling yang dapat diakses pada linktr.ee merupakan elektronik konseling laktasi diantaranya adalah posisi menyusui yang benar, tanda bayi lapar, cara memerah ASI, dan beberapa materi lainnya. Materi konseling dikemas dalam bentuk video, sehingga dapat memakasimalkan pemahaman terutama untuk materi yang perlu disimulasikan atau dipraktikkan.
Penggunaan linktr.ee ini sangat mudah cukup dengan handphone lalu klik materi yang dihendaki, maka video dan materi itu akan muncul. “Jadi memudahkan ibu yang sedang menyusui untuk memperoleh ilmu tentang laktasi, terlebih di tengah pandemi seperti saat ini dimana pertemuan secara langsung dibatasi,” ucapnya.
Pengabdian masyarakat yang dilakukan ketiga dosen berserta mahasiswa ini digelar melalui aplikasi Zoom, mengundang sekitar 40 orang kader Rumah ASI di Kelurahan Wonokromo diikuti antusias para peserta.
Meskipun digelar online, kegiatan ini berjalan lancar, para kader bisa langsung mempraktikkan aplikasi ini.
Mimien Bibiet Tumini yang merupakan ketua Kampung ASI Kelurahan Wonokromo mengaku senang dengan adanya sosialisasi penggunaan aplikasi linktr.ee. “Aplikasi ini membantu kader kampung ASI bisa memberikan edukasi laktasi kepada ibu yang hendak menyusui,” jelasnya. (sar humas)

Spread the love