Surabaya – Prodi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) berhasil meraih akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Sesuai dengan keputusan BAN-PT No. 13676/SK/BAN-PT/Akred/PP/I/2022, menyatakan bahwa Pendidikan Profesi Guru Dalam Bidang Studi Guru Sekolah Dasar, Pada Program Profesi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya memenuhi syarat peringkat akreditasi B.
Koordinator PPG Unusa, Dr. Nafiah, S.Pd.I., M.Pd mengungkapkan, akreditasi B yang diperoleh Unusa menjadi pelecut semangat untuk meningkatkan PPG Unusa lebih baik lagi ke depannya. “Ke depan kami akan meningkatkan untuk mencapai akreditasi A, karena telah mendapat berbagai masukan dari para asesor ketika visitasi asesmen lapangan oleh BAN-PT yang dilaksanakan secara daring. Melalui raihan ini, PPG Unusa akan terus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu, sehingga tahun berikutnya dapat memperoleh akreditasi peringkat A,” jelas Nafiah, Jumat (14/1).
Nafiah menambahkan, selain itu capaian peringkat B ini tidak lepas dari usaha terstruktur yang dilakukan segenap tim, baik dari Prodi, Fakultas, hingga Universitas.
“Usaha keras dan terus-menerus yang telah kami lakukan telah membuahkan hasil. Kami melakukannya mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan melakukan tindak lanjut hasil evaluasi dengan baik. Siklus ini, kami lakukan mulai sejak awal pembukaan prodi PPG, sehingga ada peningkatan berkelanjutan (continuous improvement). Selain itu, kami perkuat team work, serta audit mutu internal dari Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengawas Internal (LPMPI) Unusa,” tambahnya.
Alumni PPG Unusa, Joko Suprianto mengungkapkan, sebagai alumni PPG Unusa, ia ikut senang dan bangga. “Saya sangat bersyukur karena kampus tercinta saya, khususnya Prodi PPG-SD mendapatkan nilai akreditasi B gemuk. Harapan saya PPG Unusa dapat selalu eksis dan meningkatkan terus kualitasnya yang sudah baik sekali, sehingga mencapai nilai akreditasi A. Semoga Kedepannya PPG unusa dapat membuka program Pra Jabatan (prajab) juga,” ungkapnya.
Pria yang mengajar di SDN Jemur Wonosari I/417 Surabaya ini menyampaikan kesannya ketika menjadi mahasiswa PPG, dirinya sangat senang dan semangat. Hal ini karena PPG merupakan perkuliahan yang telah dia tunggu sejak 5 tahun bekerja. Selain itu juga, PPG ini merupakan pengalaman pertama perkuliahan daring. Dan di Prodi PPG Unusa telah memberikan pengalaman yang luar biasa, baik secara materi maupun para fasilitator.
“Pembelajaran PPG di Unusa memiliki kualitas yang luar biasa baik. Yang membedakan dengan Prodi PPG lainnya, yakni pelayanan dari para dosen dan petugas administrasi yang tidak kenal lelah, dan waktu dalam membimbing para mahasiswa. Selain itu, fleksibilitas waktu yang menjadikan kami sangat menikmati berbagai kegiatan di perkuliahan,” ungkap pria yang tercatat sebagai mahasiswa PPG Unusa Angkatan 3 Tahun 2020. (Humas Unusa)

Spread the love