Surabaya – Dosen Fakultas Kesehatan (FKes) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) Budhi Setianto, S.Si., M.Kes menilai perlunya kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan dimana pun.

Budhi menjelaskan dengan kesadaran penerapan protokol kesehatan ini, masyarakat dapat terhindar dari terpaparnya penyakin Covid-19 ini. Dimana protokol kesehatan harus dilakukan dimana saja termasuk pada setiap acara.

“Paling tidak menerapkan 3 M seperti memakai masker, mencuci tangan, hingga menjaga jarak harus tetap diterapkan,” jelas Budhi saat menjadi narasumber di talkshow Berita Jatim Tv, Rabu (6/1).

Budhi menjelaskan jika saat ini tidak cukup dengan 3 M tersebut. “Yang terbaru ada M satu lagi dengan menghindari kerumunan,” ungkapnya.

Budhi menjelaskan jika kondisi menghindari kerumunan ini sangat sulit. Dimana masyarakat selama ini beraktivitas dengan cara berkerumun. “Bahkan saat menggekar acara mereka pasti akan berkerumun,” jelasnya.

Budhi menilai jika kerumunan tersebut tidak dapat dihindari. “Karena kita setiap harinya melakukan kegiatan secara berkerumun,” ungkapnya.

Dengan kondisi ini, Budhi berharap masyarakat bisa lebih sadar dalam mematuhi protokol kesehatan dimana pun. “Dengan begitu akan terhindar dari terpaparnya pada covid-19 ini,” jelasnya. (sar humas)

Spread the love