Surabaya – Peringati Bulan K3, Himpunan Mahasiswa Kelamatan dan Kesehatan Kerja (Hima K3) Unusa menggelar Festival Bulan K3 Nasional Unusa, Kegiatan diawali dengan istigosah dan doa bersama pada Sabtu (15/1).
Kerena masih dalam situasi Pandemi, acara dilakukan secara daring. Hadir memberikan tausiah Syaikhon S.H.I., M.H.I, dosen Unusa.
Dalam tausiahnya, Syaikhon menjelaskan, mencegah kebahayaan dan kerusakan merupakan salah satu tujuan dari Islam. Hal ini berkaitan dengan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk mencegah terjadinya kebahayaan. “Untuk itu, mengutamakan K3 dimana pun adalah sejalan dengan ajaran agama Islam serta tujuan dari hukum Islam yang diturunkan oleh Allah SWT,” ucapnya.
Syaikhon menjelaskan shodaqoh tidak harus membantu dari segi finansial maupun material seperti memberikan sandang, pangan dan hal lain untuk membantu kebutuhan orang lain. Namun dapat pula dilakukan dengan membantu saat adanya kejadian yang tidak diinginkan seperti menghindarkan kecelakaan kerja. “Karena itu menolong keselamatan orang lain juga termasuk kedalam sodaqoh,” ujarnya.
Syaikhon menilai melalui penerapan K3, bisa menjadi nilai sodakoh dihadapan Allah SWT. “Sehingga ini menjadi ladang pahala yang bertujuan untuk menyalamatkan sesorang dari mara bahaya,” tuturnya.
Dari sisi inilah, kata Syaikhon menambahkan, penerapan K3 menjadi salah satu sodakoh yang memiliki tujuan untuk menyelamatkan kerja seseorang. “Ini salah satu cara yang baik untuk menjalankan hukum Islam dalam menyelamatkan orang saat berkerja,” ucapnya. (sar humas)

Spread the love