Surabaya – Jurnal Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) naik peringkat berdasarkan Keputusan Menteri Ristek/BRIN No.200/M/KPT/2020. Ketua Bidang 4 Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unusa, Fifi Khoirul Fitriyah, S,Pd., M.Pd. menjelaskan dua jurnal yang naik peringkat yakni Education and Human Development Journal (EHDJ), dan Bussiness and Finance Journal (BFJ). EHDJ merupakan Jurnal yang fokus di bidang Pendidikan, naik peringkat dari SINTA 5 menjadi SINTA 3. Sedangkan BFJ merupakan Jurnal yang fokus di bidang Ekonomi Bisnis, naik peringkat dari SINTA 5 menjadi SINTA 4.

Lebih lanjut Fifi mengungkapkan selain dua jurnal Unusa berhasil naik peringkat, terdapat dua jurnal yang baru terakreditasi SINTA yaitu Indonesian Journal of Medical Laboratory Science and Tehnology (IJMLST) dan Applied Technology and Computing Science Journal (ATCSJ). IJMLST memiliki ruang lingkup di bidang laboratorium dan kesehatan, mendapat SINTA 3. Sedangkan ATCSJ memiliki ruang lingkup di bidang sistem informasi, mendapat SINTA 4.

“Apapun hasilnya kami sangat bersyukur, dengan tambahan dua jurnal terakreditasi ini, akhirnya UNUSA memiliki 9 Jurnal yang terakreditasi di SINTA. Tentunya kami akan melakukan perbaikan-perbaikan untuk meningkatkan kualitasnya agar lebih baik lagi kedepannya.” Ucap Fifi, Jumat (29/1).

Fifi menjelaskan sembilan jurnal yang sudah terakreditasi merupakan hasil dari upaya dan kerja keras seluruh civitas Unusa khususnya para tim editor. “Semoga upaya bersama ini membawa kemaslahatan bagi para akademisi dan menjadi ladang jariyah bagi para author, editor, dan reviewernya,” beber Fifi.

Sementara itu, Editor in chief IJMLST, Maharani Pertiwi K. S.Si., M. Biotech. Ph.D. menjelaskan bahwa publikasi merupakan salah satu cara berkomunikasi bagi akademisi, praktisi, ilmuwan dan masyarakat dari berbagai bidang dan belahan dunia. ” jurnal terakreditasi bukan hanya berfungsi sebagai wadah publikasi, namun juga memiliki manfaat bagi peneliti dan institusi yang menjadi tuan rumah jurnal.” ucap Maharani. (sar humas)

Spread the love