Surabaya – Muhammad Fachruddin Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) memperoleh juara tiga di Lomba Karya Teknologi Tepat Guna (LKTTG) tahun 2020 Kabupaten
Sidoarjo.

Fachruddin merupakan mahasiswa dari Program Studi (Prodi) S1 Manajemen Unusa bersama dengan Lailatul Maghfiroh mahasiswa dari Uinsa.

Fachruddin menjelaskan dirinya bersama tim membuat bak sampah berbasis aplikasi tong sampah pintar sebagai salah satu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan. Dimana bak sampah ini terhubung dengan aplikasi sampah pintar.

“Dari aplikasi ini bisa mengetahui sampah yang dibuang masyarakat, dengan begitu kita bisa mengolah sampah tersebut berdasarkan kegunaannya,” ucap Fachruddin, Senin (7/12).

Bak sampah yang diciptakan ini bisa mendeteksi berat sampah yang didalamnya sehingga bisa dilihat dan diakses maupun aplikasi. “Kami membuat bak sampah pintar ini dikhususkan untum sampah plastik yang bisa menghasilkan uang,” jelas Fachruddin.

Fachruddin menjelaskan dari bak sampah pintar ini hasil sampah bisa digunakan untuk membeli sembako. “Aplikasi ini bisa diuangkan untuk dirupakan sembako,” katanya.

Fachruddin menjelaskan bak sampah ini nantinya akan diminta oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sidoarjo. Dengan cara ini diharapkan pemerintah nanti bisa mengelola hasil sampah yang ada. “Selain itu pemerintah juga memiliki data real sampah yang ada dimasyarakat,” ucap mahasiswa prodi Manajemen Unusa ini. (sar humas)

Spread the love