Surabaya – Untuk memudahkan masyarakat dalam membuat pencatatan laporan transkasi keuangan, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) melakukan sosialisasi penggunaan sistem informasi aplikasi pencatatan informasi keuangan (SI APIK) bagi warga Desa Trebungan, Kecamatan Mlandingan, Kabupaten Situbondo.
Ketua Kelompok 41 KKN Unusa, Fuadatul Hasanah menjelaskan acara ini untuk membantu masyarakat terutama pelaku usaha dalam mempermudah pencatatan transaksi keuangan. Peserta pelatihan ini terdiri dari perangkat desa, pengurus bumdes,pelaku UKM, petani dan peternak.
“Jadi peserta akan dengan mudah untuk mengisi laporan keuangan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) dan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (ETAP) jadi akan lebih tertata dalam pembuatan laporan transaksi keuangan,” ucap Fuadatul, Selasa (15/9).
Fuadatul menjelaskan acara ini untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat tentang membuat laporan keuangan. Dengan adannya aplikasi ini juga dapat membantu masyarakat membuat laporan keuangan. “Jadi lebih tertata dalam laporan keuangan yang selama ini akan sulit untuk membuat laporan,” katanya.
Selain itu, Mahasiswa KKN Unusa tetap membimbing masyarakat dalam membuat laporan keuangan dengan tergabung dalam Whatsapps Group. “Kami lakukan untuk masyarakat lebih mudah dalam pengaturan keuangan,” beber Fuadatul. (sar humas)

Spread the love