SURABAYA – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) gelar seminar parenting mengangkat tema sukses belajar berbasis aplikasi daring yang digelar di RT 3 Tambak Buyuk, Greges Timur, Kelurahan Sarioso, Kecamatan Asemrowo, Surabaya.

Seminar parenting ini dilakukan oleh mahasiswa KKN Kelompok 65 Unusa. Dengan menghadirkan keynote speaker, Muhammad Syaikhon SHI MHI, seminar parenting ini dilakukan lantaran adanya pembelajaran online atau Dalam Jaringan (Daring) yang mengalami hambatan dalam pembelajaran jarak jauh. “Zaman sudah berubah, yang biasa tatap muka menjadi pembelajaran daring,” kata Syaikhon, Selasa (15/9).

Hambatan lain dari pembelajaran jarak jauh yaitu masalah kesehatan. Ada banyak keluhan seperti mata perih karena terlalu sering melihat layar telepon seluler serta telinga sakit karena volume yang tidak tepat saat menggunakan headset. “Belum lagi saat mengoperasionalkan aplikasi, banyak orang tua yang mengeluh karena kurangnya pemahaman,” tuturnya.

Hal itu dibenarkan salah satu peserta seminar. “Iya pak, saya menyerah. Saya kasih saja ke anak, dia lebih pintar,” tutur Sri Rahayu, salah satu warga.

Mendapati keluhan tersebut, Syaikhon memberikan motivasi kepada peserta yang mayoritas ibu-ibu tersebut. “Sebisa mungkin, orang tua mendampingi anak untuk belajar. Sehingga mau tidak mau harus bisa menguasai aplikasi belajar daring,” ujarnya.

Dosen S1 PG PAUD Unusa itu mengatakan di era pandemi ini memang semuanya dipaksa untuk menyesuaikan diri. Pendampingan orang tua semaksimal mungkin dilakukan guna meminimalisir penyalahgunaan
“Jadi jangan patah arang dalam mendampingi anak belajar,” cetus pria yang jadi Koordinator KKN S1 Pendidikan Guru PAUD Unusa itu.

Seminar dilanjutkan dengan praktek penggunaan aplikasi pembelajaran jarak jauh. Dipandu oleh Nani Mashita, salah satu mahasiswa KKN, para ibu-ibu itu belajar penggunaan berbagai aplikasi terutama Zoom Meeting dan Google Formulir.

Seminar parenting ini adalah kelanjutan dari kegiatan sebelumnya. Kelompok 65 S1 PG PAUD Unusa melaksanakan beberapa giat dalam KKN di desa yang masuk wilayah Kelurahan Tambak Sarioso. Seperti workshop pembuatan handsanitizer dan pembagian masker. (sar humas)

Spread the love