Surabaya – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) membuat gubuk ilmu guna untuk membimbing belajar online untuk anak-anak di wilayah Desa Banyuurip, Kecamatan Kedamean, Gresik.

Ini dilakukan untuk membimbing belajar, mencintai alam serta melatih motorik anak-anak di wilayah tersebut.

Ketua kelompok 59 KKN Unusa, Yulianti menjelaskan belajar di alam atau di ruangan terbuka mampu membuat anak lebih aktif dan bisa mengeksplor keinginannya. Selain itu juga, belajar di ruang terbuka dapat menghilangkan rasa bosan dan jenuh selama pembelajaran dilaksanakan di rumah.

“Jadi anak tidak bosan saat belajar, dan kami membimbing anak ini yang merasa kesulitan dalam belajar selama pembelajaran online di sekolah,” ucap Yulianti, Selasa (15/9).

Dengan menerapkan metode Project based learning dimana setiap pertemuan, secara berkelompok anak-anak membuat sebuah karya. Beberapa karya yang sudah dibuat adalah pigora dari kardus, tepak pensil dari koran, dan penyaringan air keruh menjadi air jernih. “Ini untuk melatih kreativitas anak dalam pembelajaran di gubuk ilmu,” kata Yulianti.

Selain itu, Proses pembelajaran di Gubuk Ilmu juga mengkombinasikan belajar sambil bermain. Bermain merupakan hal yang lumrah dilakukan si kecil. “Karakteristik anak SD adalah suka bermain, khususnya pada kelas rendah,” Ujar Yulianti.

Sehingga agar anak bisa tetap belajar, maka kelompok KKN 59 membuat konsep belajar di alam dengan belajar sambil bermain. Permainan yang diterapkan adalah permainan tradisional yaitu ular tangga dan klompen raksasa (pelajaran matematika, bahasa, kebersamaan, dan sportifitas).

Di Desa Banyuurip masih dijumpai warga yang tidak memakai masker saat keluar dari rumah sehingga KKN kelompok 59 juga membagikan masker kepada warga sekitar. Himbauan pemerintah bahwa masyarakat dihimbau untuk bekerja dari rumah, walaupun begitu menjaga kesehatan dan merawat wajah menjadi hal yang wajib dilakukan agar dalam kondisi pandemi pun tetap sehat, senang dan gembira, sehingga imun menjadi meningkat. (sar humas)

Spread the love