Surabaya – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) bersama dengan Global Engagement Nahdlatul Ulama of Surabaya (GENUS) menggelar Seminar Online mengenai Supply Chain Management di masa dan pasca pandemi Covid-19, Rabu (26/8).

Dalam acara ini, menghadirkan narasumber Prof Benny Tjahjono, PhD merupakan profesor of Supply chain management canter for business in Society Converty University, United Kingdom (UK). Dimoderatori oleh Dr. Ubaidillah Zuhdi, S.T, M.Eng., M.S.M. acara yang digelar melalui aplikasi Zoom dan Youtube.

Dalam sabutannya Rektor Unusa, Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie, M.Eng menilai acara ini untuk mengetahui Supply Chain Management terlebih di masa pandemi maupun pasca pandemi berlangsung. Dengan adanya pemateri ini membuat webinar ini akan lebih memahami apa yang dimaksud Supply Chain ini.

“Dari acara ini kita bisa mempersiapkan langkah yang akan dilakukan saat pandemi maupun setelah pandemi terlebih memasuki era industri 4.0 ini menjadi tantangan tersendiri bagi Supply Chain kedepannnya,”beber Jazidie, Rabu (26/8).

Prof Benny Tjahjono, PhD mengetakan Supply Chain merupakan perpindahan barang dari satu endity satu ke endity lainnya. “Lebih sederhananya Supply Chain ini perpindahan dari retail ke konsumen ini seperti rantai yang saling behubungan,” bebernya.

Benny menjelaskan jika konsumen membutuhkan produk yang terbaik, setelah itu produk harus ada lalu harga cocok. “Jadi yang dibutuhkan untuk memenuhi itu semua seperti produk terbaik menggunakan bahan baku produk tersebut harus dari yang terbaik, lalu waktu dimana barang tersebut tidak boleh terlalu lama di pabrik, serta transportasi yang digunakan dalam pengiriman ini,” ucapnya.

Dengan mahalnnya ongkos transportasi ini akan mempengaruhi harga tersebut akan mahal. “Jadi ini yang perlu diperhatikan, Supply Chain ini sebelum pandemi saja sudah sangat sulit, apalagi di masa pandemi ini akan lebih ketat, jadi ini yang perlu diperhatikan,” bebernya.

Sementara itu, Moderator acara, Dr. Ubaidillah Zuhdi, S.T, M.Eng., M.S.M. berharap dari acara ini membuat masyarakat bisa melek tentang Supply Chain. Selain itu Unusa dapat mengembangkan untuk menjadi Universitas yang berkembang ke tingkat global. “Dengan adanya acara ini kita bersama sama dengan Prof Benny untuk membawa Unusa ke tingkat global,” bebernya. (sar humas)

Spread the love